Tok! Kris Wu Dibui 13 Tahun Atas Pemerkosaan

ADVERTISEMENT

Tok! Kris Wu Dibui 13 Tahun Atas Pemerkosaan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 15:36 WIB
Intip Keseruan Kris Wu saat Makan Enak dan Masak di Dapur
Foto: Instagram Kris Wu
Jakarta -

Mantan bintang pop China-Kanada, Kris Wu dijatuhi vonis penjara selama 13 tahun oleh pengadilan China setelah dinyatakan bersalah atas kasus pemerkosaan.

Wu dijatuhi hukuman "11 tahun dan enam bulan penjara karena pemerkosaan", kata pengadilan di distrik Chaoyang, Beijing, seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (25/11/2022). Pengadilan juga memutuskan bahwa dia "juga dijatuhi hukuman penjara satu tahun dan sepuluh bulan karena kejahatan mengumpulkan orang untuk melakukan perzinahan".

Dalam persidangan yang digelar hari Jumat (25/11), pengadilan memutuskan bahwa Wu akan menjalani total hukuman 13 tahun penjara sebelum dideportasi.

Wu awalnya meraih ketenaran sebagai anggota boyband K-pop EXO, sebelum keluar pada tahun 2014 untuk meluncurkan karier solo yang sukses sebagai penyanyi, aktor, model, dan juri variety show.

Tahun lalu, seorang pelajar berusia 19 tahun, Du Meizhu menuduh Wu memperkosanya ketika dia berusia 17 tahun. Kasus ini ramai menuai kecaman publik dan merek-merek mewah pun membatalkan kesepakatan dengan Wu.

Kemudian korban-korban lain ikut berbicara secara online setelah klaim pemerkosaan tersebut. Mereka menuduh staf Kris Wu melakukan perilaku predator termasuk mengundang mereka ke pesta karaoke yang diwarnai mabuk-mabukan.

Kisah tersebut telah membangkitkan gerakan #MeToo di China, yang menampilkan gelombang perempuan pada tahun 2018 yang menyuarakan pengalaman pelecehan seksual -- terkadang melibatkan figur publik yang berpengaruh.

Simak juga 'Buntut Kasus Kris Wu, China Tindak Tegas Budaya Fandom Toksik':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT