ADVERTISEMENT

Ada Masalah Tekanan Kabin, Singapore Airlines Dialihkan ke Jerman

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 10:00 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Bahadur Ali)
Jakarta -

Penerbangan Singapore Airlines (SIA) tujuan Singapura dari Bandara Heathrow, London, Inggris terpaksa dialihkan ke Frankfurt, Jerman setelah mengalami masalah tekanan kabin.

Dilansir media Channel News Asia, Jumat (25/11/2022), penerbangan SQ317, sebuah pesawat Airbus A380, membawa 379 penumpang dan 27 awak, kata SIA dalam sebuah pernyataan.

"Pilot memutuskan untuk mengalihkan ke Frankfurt sebagai tindakan pencegahan setelah mendeteksi masalah tekanan kabin," kata seorang juru bicara maskapai SIA.

Meskipun ada masalah teknis tersebut setelah lepas landas, tidak ada masker oksigen yang dipasang selama penerbangan, kata SIA.

Pelacak penerbangan FlightRadar24 menunjukkan bahwa penerbangan berangkat dari Heathrow sekitar pukul 11.20 (waktu London) dan semula dijadwalkan tiba di Singapura pada pukul 7.50 pagi pada hari Jumat (25/11).

Maskapai menambahkan bahwa penerbangan "mendarat dengan lancar" di Bandara Frankfurt sekitar pukul 14:00 waktu setempat dengan semua penumpang dan awak di dalamnya.

Pesawat tersebut kemudian di-grounded untuk perbaikan, dan para penumpang dibantu dengan akomodasi hotel dan makanan.

Sebuah penerbangan bantuan, SQ9326, berangkat dari Singapura pada pukul 08.00 pada hari Jumat dan tiba di Frankfurt pada pukul 14.00 pada hari yang sama.

Penerbangan diharapkan berangkat dari Frankfurt sebagai SQ9325 pada pukul 15.55 waktu setempat dan tiba di Singapura pada pukul 11.05 pada hari Sabtu (26/11).

FlightRadar24 mengatakan di Twitter bahwa pesawat membuang bahan bakar saat dialihkan ke Frankfurt. Prosedur ini digunakan oleh pesawat dalam beberapa situasi darurat sebelum kembali ke bandara sesaat setelah lepas landas, atau jika mendarat di dekat tujuan yang dituju, untuk mengurangi berat.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT