Gempa di Turki 23 November 2022: Kekuatan, Lokasi, Jumlah Korban

ADVERTISEMENT

Gempa di Turki 23 November 2022: Kekuatan, Lokasi, Jumlah Korban

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Kamis, 24 Nov 2022 11:26 WIB
Gempa di Turki terjadi pada 23 November 2022 dini hari waktu setempat. Sejumlah warga dilaporkan luka-luka kaibat insiden gempa bumi tersebut.
Gempa Turki 23 November 2022 (Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency)
Jakarta -

Gempa di Turki terjadi pada 23 November 2022 dini hari waktu setempat. Gempa bumi tersebut mengguncang wilayah barat laut Turki. Sejumlah warga dilaporkan luka-luka kaibat insiden gempa bumi tersebut.

Berikut sederet hal yang diketahui soal gempa Turki 23 November 2022.

Lokasi Gempa di Turki 23 November 2022

Dilansir kantor berita Anadolu, Otoritas Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki mengatakan turkan gempa bumi itu berpusat di Distrik Goyaka, Provinsi Duzce, Turki. Gempa tersebut terjadi pada Rabu (23/11/2022) pukul 04.08 waktu setempat.

Gempa di Turki terjadi pada 23 November 2022 dini hari waktu setempat. Ini adalah keadaan warga yang mengungsi setelah guncangan gempa tersebut.Gempa di Turki terjadi pada 23 November 2022 dini hari waktu setempat. Ini adalah keadaan warga yang mengungsi setelah guncangan gempa tersebut. (Foto: AP/Khalil Hamra)

Besaran Gempa Turki 23 November 2022

Gempa itu berpusat di daratan dengan kedalaman 6,81 kilometer dari permukaan bumi. Dilansir kantor berita AFP, otoritas nasional mengatakan gempa itu berkekuatan M 5,9. Besaran itu lebih rendah dari M 6,1 yang diberikan oleh badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Pusat gempa berada di Distrik Golyaka, Provinsi Duzce. Gempa itu sempat mengguncang kota-kota terdekat lainnya.

"Kami terbangun karena suara keras dan getaran," kata Fatma Colak, warga Duzce, dikutip dari AFP, Kamis (24/11/2022).

"Kami keluar dari rumah kami dengan panik dan sekarang kami menunggu di luar," tambahnya.

68 Orang Terluka

Gempa bumi di Turki pada 23 November 2022 tidak menimbulkan korban tewas, namun sejumlah orang dilaporkan mengalami luka-luka. Ada 68 korban luka akibat gempa bumi tersebut.

Bangunan Rumah Warga Hancur

Gempa Turki juga membuat rumah warga hancur. Warga yang terdampak pun mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Saya tinggal di gedung yang sudah mengalami dua kali gempa dan telah diubah dari rusak berat menjadi rusak sedang (dibentengi) karena lebih terjangkau (untuk tinggal di gedung itu," kata seorang warga bernama Hakan Bayraktar, dikutip dari AP, Kamis (24/11/2022).

Kemudian, Hakan kejadian gempa Turki 23 November 2022 tersebut.

"Pada malam hari, kolom dan dinding bangunan meledak total. Tentu saja kami sangat ketakutan, kami bermalama di taman. Kami tidak pernah tidur. Sekali lagi, kekurangan negara kami mengemuka," lanjut Hakan.

Warga Mengungsi, Sekolah-sekolah Ditutup

Foto-foto menunjukkan orang-orang berselimut berada di luar rumah mereka pada pagi hari usai gempa Turki. Beberapa terlihat meletakkan selimut di lantai di luar rumah dan menyalakan api untuk menghangatkan tubuh.

Pihak berwenang mengatakan sekolah-sekolah ditutup pada Rabu (23/11/2022) di provinsi Duzce dan Sakarya. Kemudian, Badan Bencana Nasional AFAD mengatakan terjadi pemadaman listrik secara terkendali di wilayah Duzce. Mereka juga meminta warga untuk tidak panik akibat gempa di Turki 23 November 2022.

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT