Rusia Bersumpah Cari Pembunuh Tentaranya yang Menyerah ke Ukraina

ADVERTISEMENT

Rusia Bersumpah Cari Pembunuh Tentaranya yang Menyerah ke Ukraina

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 22 Nov 2022 15:45 WIB
Kremlin spokesman Dmitry Peskov attends a meeting of Russian President with his Macedonian counterpart at the Kremlin in Moscow on May 24, 2017. / AFP PHOTO / POOL / SERGEI KARPUKHIN
Jubir Kremlin, Dmitry Peskov (Foto: AFP PHOTO / POOL / SERGEI KARPUKHIN)
Jakarta -

Rusia bersumpah akan mencari dan menghukum orang-orang yang bertanggung jawab atas dugaan eksekusi mati para tentaranya yang menyerahkan diri kepada pasukan Ukraina. Hal ini disampaikan setelah munculnya video-video yang tampaknya menunjukkan eksekusi tersebut.

"Tidak ada keraguan bahwa Rusia sendiri akan mencari pelaku kejahatan ini. Mereka harus ditemukan dan dihukum," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov kepada wartawan, seperti dilansir media Press TV, Selasa (22/11/2022).

Video-video yang muncul di media sosial pekan lalu, menunjukkan jasad-jasad tentara Rusia yang tewas setelah menyerah kepada pasukan Ukraina, demikian menurut klaim Moskow.

Otoritas Ukraina telah mengakui bahwa tentara tersebut ditembak setelah apa yang disebutnya sebagai penyerahan palsu, tetapi membantah bertanggung jawab atas pembunuhan mereka.

Rusia "akan melakukan segalanya dalam kerangka mekanisme internasional untuk menarik perhatian terhadap kejahatan ini," ujar Peskov.

Kementerian Pertahanan Rusia mengecam eksekusi yang tampak sebagai "kejahatan perang" tersebut. Kementerian mengatakan minggu lalu bahwa video tersebut menunjukkan "pembunuhan yang disengaja" terhadap lebih dari 10 prajurit.

Moskow menuduh Ukraina melakukan 'kejahatan perang' karena 'mengeksekusi' para tentara Rusia tersebut.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa "pembunuhan brutal" ini bukanlah "kejahatan perang pertama dan bukan satu-satunya" yang dilakukan oleh pasukan Ukraina.

Lihat Video: Warga Kherson Gunakan Air Sungai untuk Bertahan Hidup

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT