Putri Kim Jong Un yang Muncul Saat Peluncuran Rudal adalah Anak ke-2

ADVERTISEMENT

Putri Kim Jong Un yang Muncul Saat Peluncuran Rudal adalah Anak ke-2

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 22 Nov 2022 15:32 WIB
North Korean leader Kim Jong Un, along with his daughter, inspects an intercontinental ballistic missile (ICBM) in this undated photo released on November 19, 2022 by North Koreas Korean Central News Agency (KCNA). KCNA via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. NO THIRD PARTY SALES. SOUTH KOREA OUT. NO COMMERCIAL OR EDITORIAL SALES IN SOUTH KOREA. REUTERS IS UNABLE TO INDEPENDENTLY VERIFY THIS IMAGE.
Pemimpin Korut Kim Jong-Un tampak menggandeng tangan putrinya, diduga bernama Ju Ae, dalam foto yang dirilis KCNA saat mengawasi peluncuran rudal (KCNA via REUTERS)
Seoul -

Badan intelijen Korea Selatan (Korsel) mengungkapkan putri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un yang muncul ke publik saat peluncuran rudal pekan lalu, merupakan anak keduanya. Informasi ini disampaikan di tengah berbagai spekulasi soal motif Kim Jong Un memunculkan anaknya ke publik untuk pertama kali.

Kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) pada Sabtu (19/11) lalu merilis foto-foto Kim Jong Un sedang mengawasi peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-17 bersama istrinya Ri Sol Ju dan seorang anak perempuan, yang disebut sebagai 'putri tercinta'.

Salah satu foto menunjukkan Kim Jong Un berjalan sambil menggandeng tangan anak perempuan itu, dengan sebuah rudal raksasa menjadi latar belakangnya. Dalam foto lainnya, terlihat Kim Jong Un dan anak perempuan itu sedang mengamati rudal raksasa itu sambil memunggungi kamera.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (22/11/2022), Dinas Intelijen Nasional (NIS) Korsel menuturkan kepada para anggota parlemen dalam rapat tertutup bahwa berdasarkan penilaian intelijen, putri Kim Jong Un yang muncul bersama ayahnya itu merupakan anak keduanya yang bernama Ju Ae dan berusia 10 tahun.

Salah satu anggota parlemen Korsel, Yoo Sang-bum, yang menghadiri rapat tertutup itu mengungkapkan informasi NIS tersebut kepada wartawan setempat.

"NIS telah mengonfirmasi bahwa mereka meyakini anak perempuan yang menemani Kim selama peluncuran ICBM adalah anak keduanya, Kim Ju-ae," ungkap Yoo yang merupakan anggota parlemen dari Partai Kekuatan Rakyat yang kini berkuasa di Korsel.

"Ada sejumlah kecurigaan karena dia agak besar untuk seorang anak berusia 10 tahun, tapi NIS mengonfirmasi bahwa mereka menetapkan dia adalah Kim Ju-ae karena informasi intelijen yang sudah ada menyatakan bahwa dia tinggi dan besar," tutur Yoo.

Korut tidak pernah secara resmi mengonfirmasi keberadaan anak-anak Kim Jong Un. Intelijen Korsel bahkan berspekulasi bahwa Kim Jong Un dan istrinya menikah tahun 2009, kemudian memiliki tiga anak yang lahir tahun 2010, 2013 dan 2017.

Kim Jong-Un membawa istri dan anak perempuannya untuk menonton uji coba rudal antarbenua. Ini merupakan momen perdana putri Kim Jong-Un muncul di depan publik.Kim Jong-Un mengajak istri dan anak perempuannya saat mengawasi peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) pekan lalu Foto: KCNA via REUTERS

Simak berita lengkapnya di halaman selanjutnya.

Lihat Video: Penampakan Rudal Antarbenua Korut yang Bisa Jangkau Wilayah AS

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT