Meksiko Tahan 16 Ribu Migran Asing dalam 4 Hari!

ADVERTISEMENT

Meksiko Tahan 16 Ribu Migran Asing dalam 4 Hari!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 22 Nov 2022 11:58 WIB
Ilustrasi penjara
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Fahroni)
Jakarta -

Otoritas Meksiko menahan lebih dari 16.000 migran hanya dalam rentang waktu empat hari, termasuk hampir 5.000 warga Venezuela.

Dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (22/11/2022), Institut Migrasi Nasional (INM) negara itu mengatakan bahwa 16.096 migran dari 46 negara ditahan di 22 negara bagian Meksiko antara 17 dan 20 November.

INM menyebut mayoritas migran berasal dari negara-negara Amerika Tengah dan Selatan, termasuk 4.968 warga Venezuela, 2.987 orang Guatemala, 1.385 orang Nikaragua, 1.311 orang Honduras, dan 1.285 orang Ekuador.

Badan pemerintah Meksiko itu mengatakan pihaknya meningkatkan layanan melalui pusat perhatian migran di beberapa negara bagian termasuk Aguascalientes, Chiapas, Durango, Hidalgo, Puebla, San Luis Potosi, Veracruz dan Zacatecas karena masuknya banyak migran dan bahaya yang mereka hadapi termasuk pedagang manusia dan suhu yang semakin dingin.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah berjuang untuk mengatasi rekor jumlah penyeberangan migran di perbatasan AS-Meksiko selama masa kepresidenannya - termasuk 187.000 orang Venezuela hanya pada tahun fiskal 2022 saja.

Otoritas AS bulan lalu telah mengumumkan sebuah rencana, yang disepakati dengan Meksiko, untuk mengembalikan beberapa migran Venezuela yang memasuki AS secara ilegal ke Meksiko. Namun, awal bulan ini, seorang hakim AS memutuskan bahwa aturan era pandemi yang dikenal sebagai Title 42, yang digunakan untuk mengusir para migran ke Meksiko tersebut, melanggar hukum. Putusan hakim ini memperumit strategi Biden untuk menghalangi penyeberangan perbatasan oleh para migran.

Sejak saat itu, ribuan migran ditemukan berkemah dalam kondisi buruk di Meksiko. Di negara bagian Oaxaca, sekitar 12.000 orang, sebagian besar dari Venezuela, ditemukan tidur di peti kayu, di trotoar, dan di rumah-rumah dan halaman belakang rumah penduduk.

(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT