Pria Bersenjata Api Tembak Klub Malam LGBTQ di Colorado, 5 Orang Tewas

ADVERTISEMENT

Pria Bersenjata Api Tembak Klub Malam LGBTQ di Colorado, 5 Orang Tewas

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 04:44 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Setidaknya ada lima orang yang meninggal akibat penembakan di sebuah klub malam LGBTQ Corolado Amerika Serikat (AS). Belasan lainnya dilaporkan terluka karena kejadian tersebut.

Dilansir AFP, tersangka teridentifikasi adalah Anderson Lee Aldrich. Polisi menyebut, selain lima tewas, ada delapan belas orang terluka, saat sebelum tengah malam. Korban luka disebut dalam keadaan kritis.

Tersangka di Colorado Springs memasuki Klub Q dan segera mulai menembaki orang-orang di dalamnya, kata kepala polisi Adrian Vasquez dalam konferensi pers, Minggu (20/11). Polisi menyebut, tersangka dihentikan oleh dua orang "heroik" di dalam klub tersebut.

Dia menambahkan, "Setidaknya dua orang heroik di dalam klub menghadapi dan berkelahi dengan tersangka dan mampu menghentikan tersangka untuk terus membunuh dan menyakiti orang lain."

Joshua Thurman dari Colorado Springs ada di klub saat itu, bersaksi soal kondisi saat peristiwa itu terjadi.

"Itu sangat menakutkan," katanya kepada wartawan, Minggu.

"Ada mayat di lantai. Ada pecahan kaca, cangkir pecah, orang menangis." Ucapnya.

"Itu seharusnya menjadi tempat aman kita... Kemana kita harus pergi?" katanya.

Presiden AS Joe Biden mengeluarkan pernyataan yang mengutuk serangan itu. Meskipun dia mencatat bahwa motifnya belum jelas, mengecam kekerasan terhadap komunitas LGBTQ, khususnya wanita transgender kulit berwarna.

"Kita harus menghilangkan ketidakadilan yang berkontribusi pada kekerasan terhadap orang-orang LGBTQI+. Kita tidak bisa dan tidak boleh mentolerir kebencian," katanya.

Penembakan itu adalah yang terbaru dalam sejarah panjang serangan terhadap tempat-tempat LGBTQ di Amerika Serikat, yang paling mematikan yang merenggut 49 nyawa di sebuah klub malam di Orlando, Florida, pada tahun 2016.

(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT