India Luncurkan Roket Luar Angkasa Pertama Buatan Dalam Negeri

ADVERTISEMENT

India Luncurkan Roket Luar Angkasa Pertama Buatan Dalam Negeri

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 18 Nov 2022 17:09 WIB
AnIndian Space Research Organisations (ISRO) RESOURCESAT-2A satellite carrying the Polar Satellite Launch Vehicle PSLV-C36 launches at Sriharikota on December 7, 2016. / AFP PHOTO / STR
Ilustrasi peluncuran roket India (dok. AFP Photo/STR)
New Delhi -

Roket luar angkasa pertama India yang dikembangkan di dalam negeri berhasil diluncurkan hingga mencapai atmosfer Bumi pada Jumat (18/11) waktu setempat. Peluncuran ini menjadi tonggak sejarah lainnya dalam upaya India untuk menjadi negara kekuatan luar angkasa utama.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (18/11/2022), roket bernama Vikram-S dengan berat setengah ton itu diluncurkan pada Jumat (18/11) sesaat sebelum tengah hari dan mengudara dalam lintasan busur. Peluncuran itu ditayangkan oleh siaran langsung Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO).

Roket itu, menurut ISRO, jatuh ke lautan sekitar enam menit kemudian.

Roket yang dikembangkan oleh startup lokal Skyroot Aerospace itu dilaporkan mampu mencapai ketinggian puncak 90 kilometer, di bawah garis Karman setinggi 100 kilometer yang diakui secara internasional yang memisahkan Bumi dari luar angkasa.

"Ini memang awal yang baru, fajar baru... dalam perjalanan program luar angkasa India," sebut Menteri Sains India Jitendra Singh saat berbicara di hadapan para teknisi di fasilitas peluncuran ISRO di Sriharikota usai peluncuran dilakukan.

Roket jenis satu tahap dengan bahan bakar solid ini dirakit menggunakan 'struktur komposit karbon dan komponen cetak 3D'.

India diketahui memperkuat program luar angkasanya dalam beberapa tahun terakhir, termasuk melalui misi berawak dengan dukungan Rusia yang dijadwalkan untuk tahun 2023 atau 2024. Kemampuan dan ambisi India telah berkembang, yang disoroti dengan kesuksesan roket-roketnya dan misi di luar Bumi.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT