Pesan Macron ke Negara Asia: Perang Ukraina Juga Masalah Anda!

ADVERTISEMENT

Pesan Macron ke Negara Asia: Perang Ukraina Juga Masalah Anda!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 18 Nov 2022 16:11 WIB
French President Emmanuel Macron waits at the canteen of Eric Tabarly high school during a visit dedicated to vocational education, in Les Sables-dOlonne, France September 13, 2022. Ludovic Marin/Pool via REUTERS/File Photo
Presiden Prancis Emmanuel Macron (Foto: Ludovic Marin/Pool via REUTERS/File Photo)
Jakarta -

Presiden Prancis Emmanuel Macron mendesak negara-negara Asia untuk ikut menentang konflik di Ukraina, dengan mengatakan bahwa perang tersebut adalah "masalah Anda juga".

Hal itu disampaikan Macron kepada para pemimpin bisnis di sela-sela KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Bangkok, Thailand. Dilansir kantor berita AFP, Jumat (18/11/2022), dalam pertemuan itu, Macron mendesak diakhirinya konfrontasi saat dia menguraikan misinya untuk keterlibatan Prancis dengan kawasan Asia-Pasifik.

Macron menghadiri KTT APEC yang beranggotakan 21 negara di Bangkok saat ia berupaya meluncurkan kembali strategi Prancis untuk kawasan tersebut dalam menghadapi persaingan AS-China yang semakin meningkat.

Macron mengatakan bahwa Prancis ingin memainkan peran stabilisasi di kawasan itu untuk mencegah konfrontasi.

"Kami tidak percaya pada hegemoni, kami tidak percaya pada konfrontasi, kami percaya pada stabilitas," kata Macron.

Dia mengatakan kekuatan regional termasuk Prancis - yang memiliki wilayah seberang laut di Samudra Hindia dan Pasifik, termasuk Reunion, Kaledonia Baru, dan Polinesia Prancis - harus memainkan peran.

Macron mengatakan komunitas internasional menghadapi krisis yang tumpang tindih, mulai dari perubahan iklim hingga gejolak ekonomi, dan diperlukan tanggapan yang terkoordinasi.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT