3 Orang Dibui Seumur Hidup Atas Tragedi MH17, Rusia Mengecam!

ADVERTISEMENT

3 Orang Dibui Seumur Hidup Atas Tragedi MH17, Rusia Mengecam!

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 18 Nov 2022 11:03 WIB
Kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH17 sisakan luka bagi penerbangan dunia. Proses peradilan 4 tersangka jatuhnya pesawat itu masih berlangsung hingga kini.
Potret Bangkai pesawat Malaysia Airlines MH17 yang ditembak jatuh tahun 2014 lalu (AP Photo/Peter Dejong)
Amsterdam -

Hakim pengadilan Belanda menjatuhkan vonis penjara seumur hidup terhadap dua pria Rusia dan seorang pria Ukraina yang menjadi terdakwa dalam kasus ditembak jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 tahun 2014 lalu. Hukuman itu dijatuhkan terhadap ketiga terdakwa secara in-absentia.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (18/11/2022), MH17 yang mengudara dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur ditembak jatuh saat mengudara di atas wilayah Ukraina bagian timur pada 17 Juli 2014, saat terjadi pertempuran antara separatis pro-Rusia dan pasukan Ukraina. Sedikitnya 298 penumpang dan awak tewas dalam insiden itu.

Vonis penjara seumur hidup itu memicu kelegaan bagi para keluarga korban, di mana lebih dari 200 orang menghadiri persidangan secara langsung. Mereka tampak menyeka air mata saat vonis dibacakan hakim.

"Hanya hukuman paling berat yang layak untuk membalas apa yang telah dilakukan para terdakwa, yang telah menyebabkan begitu banyak penderitaan bagi begitu banyak korban dan begitu banyak kerabat yang masih hidup," ucap hakim Hendrik Steenhuis dalam pernyataannya.

Ketiga terdakwa yang dinyatakan bersalah merupakan mantan agen intelijen Rusia bernama Igor Girkin dan Sergey Dubinskiy, dan seorang warga Ukraina yang menjadi pemimpin separatis pro-Rusia bernama Leonid Kharchenko.

Dalam persidangan, ketiga terdakwa dinyatakan bersalah telah membantu mengatur pengangkutan sistem rudal BUK dari militer Rusia ke Ukraina, yang digunakan untuk menembak jatuh MH17. Ketiga terdakwa bukanlah pelaku yang secara langsung menembakkan rudal itu.

Ketiga terdakwa menjadi buronan dan diyakini kini berada di Rusia. Satu tersangka lainnya, seorang warga Rusia bernama Oleg Pulatov, dibebaskan dari semua dakwaan.

Dalam putusannya, hakim juga menetapkan ganti rugi sebesar 16 juta Euro (Rp 260,4 miliar) dalam kasus ini.

Ukraina menyambut baik putusan ini, yang diperkirakan akan berdampak pada kasus-kasus lainnya yang diajukan Kiev terhadap Rusia. Presiden Volodymyr Zelensky menyebut putusan itu sebagai keputusan penting oleh pengadilan di Den Haag.

Lihat juga Video: Pengadilan Belanda Vonis Penembak Jatuh Pesawat MH17

[Gambas:Video 20detik]






ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT