Bocornya Obrolan Bikin Xi Jinping Omeli Trudeau di KTT G20 Bali

ADVERTISEMENT

Bocornya Obrolan Bikin Xi Jinping Omeli Trudeau di KTT G20 Bali

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Nov 2022 22:16 WIB
Presiden China Xi Jinping memarahi PM Kanada Justin Trudeau di sela-sela KTT G20 Bali. Meski begitu keduanya terlihat akrab di pertemuan-pertemuan sebelumnya.
Foto: Kazuhiro NOGI - Pool/Getty Images
Jakarta -

Ada momen ketegangan antara Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Xi diketahui menceramahi Trudeau karena obrolan mereka bocor ke media.

Dilansir CNN, Kamis (17/11/2022), Xi Jinping tertangkap kamera sedang menegur Trudeau. Si penerjemah Xi Jinping menyebut ada isu 'diskusi yang bocor ke publik'.

Terlihat tangan Xi Jinping sedikit naik sampai ke perut atas, namun dalam posisi terbuka. Kadang tangannya naik sampai ke dada dalam gestur seperti menekankan apa yang disampaikannya. Pandangan Xi Jinping menatap langsung ke Trudeau. Xi Jinping terus berbicara dengan nada menceramahi Trudeau.

"Semua yang kita diskusikan telah bocor ke koran dan itu tidak pantas," kata penerjemah Xi Jinping.

"Dan itu bukanlah cara pembicaraan dilakukan," kata penerjemah Xi Jinping.

Sikap tubuh Trudeau terlihat berdiri tegak dengan mata memperhatikan Xi Jinping. Sesekali, Trudeau terlihat mengangguk. Xi masih terus berbicara.

"Jika ada ketulusan di pihakmu, maka kita akan menggelar pembicaraan dengan sikap saling menghormati, bila sebaliknya maka bisa ada konsekuensi yang tidak bisa diprediksi," kata Xi ke Trudeau via penerjemah, namun penerjemah hanya menerjemahkan, "Bila ada ketulusan di pihakmu."

Jawaban Trudeau Usai Dimarahi

Pembicaraan ini dilakukan sambil berdiri, di belakangnya ada latar belakang gambar G20 dan bendera pelbagai negara. Setelah Xi selesai berbicara, Trudeau menyampaikan tanggapannya.

"Di Kanada, kita percaya terhadap dialog yang bebas dan terbuka. Kita akan melanjutkan kerja bersama yang konstruktif, namun bakal ada hal-hal yang kita tidak bisa setujui," kata Trudeau.

"Mari kita ciptakan kondisinya dulu," kata penerjemah Xi.

Di akhir pembicaraan, Xi menjabat tangan Trudeau. Setelah itu, mereka berdua pergi ke arah yang berbeda.

Selanjutnya isi pembicaraan yang dibocorkan >>>



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT