PM Inggris Puji Jokowi Berhasil Pimpin KTT G20 Saat Ketegangan Rusia-Ukraina

ADVERTISEMENT

KTT G20

PM Inggris Puji Jokowi Berhasil Pimpin KTT G20 Saat Ketegangan Rusia-Ukraina

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 16 Nov 2022 22:21 WIB
Indonesian President Joko Widodo, left, and his wife Iriana Widodo welcome British Prime Minister Rishi Sunak, right at the Welcoming Dinner during G20 Leaders Summit, at the Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, in Badung, Bali, Indonesia, on Tuesday Nov. 15, 2022. (Willy Kurniawan/Pool Photo via AP)
Rishi Sunak bersama Jokowi dan istri saat Gala Dinner KTT G20 (Foto: AP/Willy Kurniawan)
Jakarta -

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak memuji Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penyelenggaraan KTT G20 di Bali. Rishi menyebut Jokowi telah sukses memimpin G20 di tengah situasi dunia yang tegang akibat serangan Rusia.

Hal itu diungkap Rishi saat konferensi pers di Nusa Dua Bali. Pernyataan Rishi Sunak itu diterbitkan di laman resmi pemerintah Inggris, Rabu (16/11/2022).

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Indonesia Jokowi atas perannya dalam menjadi tuan rumah diskusi ini dan memimpin G20 di masa yang penuh tantangan ini," kata Rishi.

Rishi bercerita saat G20 diselenggarakan pada 15 November, namun tidak lama Rusia meluncurkan serangan terhadap Ukraina.

"Kemarin di G20, saya dan rekan-rekan pemimpin saya langsung menghadapkan Menteri Luar Negeri Rusia dengan ilegalitas dan kebrutalan perang negaranya di Ukraina. Hampir dua belas jam kemudian, lebih dari 80 rudal Rusia menghujani Ukraina barat, menewaskan warga sipil dan menghancurkan infrastruktur sipil," kata Rishi.

"Sementara para pemimpin dunia lainnya bekerja sama untuk mengatasi tantangan terbesar yang dihadapi rakyat kita, Putin meluncurkan serangan membabi buta terhadap warga sipil di Ukraina," lanjutnya.

Akibat adanya serangan itu, Rishi mengatakan pimpinan G7 dan NATO mengadakan pertemuan mendesak. Rishi menawarkan jaminan untuk berdiri di belakang Polandia di situasi saat ini.

"Setelah serangan-serangan ini hari ini kami mengadakan pertemuan mendesak para pemimpin G7 dan NATO untuk menggarisbawahi solidaritas kami dengan Polandia dan Indonesia. Saya juga berbicara dengan Presiden Polandia pagi ini untuk menawarkan dukungan dan jaminan sepenuh hati saya bahwa Inggris berdiri teguh di belakangnya dan rakyatnya pada saat yang mengkhawatirkan ini," ujarnya.

Rishi mengecam apa yang dilakukan Presiden Rusia Vladimir Putin. Rishi mengatakan invasi Rusia memberikan ancaman bagi seluruh dunia.

"Kita semua harus jelas, semua ini tidak akan terjadi jika bukan karena invasi Rusia ke Ukraina. Ini adalah realitas perang Putin yang kejam dan tak henti-hentinya," ujar Rishi.

"Selama itu berlangsung, itu merupakan ancaman bagi keamanan kita dan sekutu kita. Dan selama itu berlangsung, itu akan terus menghancurkan ekonomi global," lanjutnya.

Simak juga video 'Negara G20 Sepakat Penggunaan Nuklir Tak Bisa Diterima':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/zap)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT