ADVERTISEMENT

Trump Umumkan Nyapres Lagi: Kebangkitan Amerika Dimulai Sekarang!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 16 Nov 2022 09:57 WIB
Former U.S. President Donald Trump makes an announcement of his plans to run for president in the 2024 U.S. presidential election at his Mar-a-Lago estate in Palm Beach, Florida, U.S. November 15, 2022.  REUTERS/Octavio Jones
Donald Trump (Foto: Reuters/Octavio Jones)
Jakarta -

Mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan dirinya kembali maju untuk menjadi calon presiden di pemilihan umum yang akan digelar tahun 2024 mendatang.

"Kebangkitan Amerika dimulai sekarang," kata mantan presiden berusia 76 tahun itu kepada ratusan pendukung yang berkumpul di kediaman mewahnya di Mar-a-Lago di Florida pada Selasa (15/11) waktu setempat, seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (16/11/2022).

"Saya malam ini mengumumkan pencalonan saya sebagai presiden Amerika Serikat," ujar Trump, yang mengajukan dokumen resmi 2024 kepada otoritas pemilu AS beberapa saat sebelum membuat pengumuman publiknya.

Trump, yang kalah dalam pilpres 2020 dari Joe Biden setelah dimakzulkan dua kali oleh Dewan Perwakilan Rakyat, mengumumkan pencapresan dirinya dengan beberapa potensi hambatan.

Trump menjadi sasaran berbagai penyelidikan atas perilakunya sebelum, selama, dan setelah masa jabatan pertamanya sebagai presiden -- yang pada akhirnya dapat mengakibatkan dia didiskualifikasi.

Ini termasuk tuduhan penipuan dari bisnis keluarganya, perannya dalam penyerbuan tahun lalu ke gedung Capitol AS, upayanya untuk membatalkan pemilu 2020, dan menyembunyikan dokumen rahasia di Mar-a-Lago.

Untuk saat ini, gubernur Florida Ron DeSantis tampaknya akan menjadi penantang utama Trump di Partai Republik, selain Senator Texas Ted Cruz, Gubernur Virginia Glenn Youngkin, mantan menteri luar negeri Mike Pompeo dan mantan Gubernur Carolina Selatan Nikki Haley.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT