Charles III Pimpin Remembrance Sunday Pertama Sebagai Raja

ADVERTISEMENT

Charles III Pimpin Remembrance Sunday Pertama Sebagai Raja

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 13 Nov 2022 11:00 WIB
Raja Charles III berbicara dalam pertemuan Dewan Aksesi di Istana St Jamess di London pada 10 September 2022. (Jonathan Brady / POOL / AFP)
Raja Charles III (Foto: AFP/JONATHAN BRADY)
Jakarta -

Charles III akan ambil bagian dalam acara Remembrance Sunday pertamanya sebagai raja. Charles III meletakkan karangan bunga sebagai penghormatan atas kematian tentara dan korban perang Inggris dan Persemakmuran.

Dilansir AFP, Minggu (13/11/2022), raja berusia 73 tahun itu sebelumnya mewakili ibunya, Ratu Elizabeth II, yang meninggal pada September dalam usia 96 tahun setelah setahun mengalami gangguan kesehatan.

Sejak 2017, ia menyaksikan kebaktian tahunan dari balkon Kantor Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan (FCDO) yang menghadap ke Cenotaph.

Tahun lalu keluhan punggung memaksanya untuk melewatkan upacara di pusat kota London, hanya beberapa minggu setelah menginap semalam yang tidak dijadwalkan di rumah sakit.

Charles, yang bertugas di Angkatan Laut Kerajaan pada 1970-an, meletakkan karangan bunga atas namanya.

Sekarang raja dan panglima pasukan Inggris akan meletakkan karangan bunga pertamanya di peringatan perang sebagai raja yang berkuasa.

Cincin bunga poppy merah - simbol peringatan Inggris - dipasang di atas daun hitam, dengan pita berwarna merah tua, ungu, dan warna pacuan kuda emas.

Istana Buckingham mengatakan karangan bunga serupa akan diletakkan atas nama istrinya, Permaisuri Camilla, untuk pertama kalinya.

Camilla, 75, akan menonton acara tersebut dari balkon FCDO.

Keheningan dua menit menandai dimulainya penghormatan yang suram. Ini dimulai pada pukul 1100 GMT dengan lonceng khas Big Ben, yang kembali ke layanan reguler setelah renovasi lima tahun.

Pemimpin Konservatif baru Rishi Sunak akan menghadiri Peringatan Minggu pertamanya sebagai perdana menteri.

"Tahun ini lebih dari sebelumnya, kami diingatkan akan hutang budi yang sangat besar kepada mereka yang mengorbankan nyawa mereka untuk melindungi negara mereka," kata Sunak dalam sebuah pernyataan.

"Saat kita terdiam bersama pada Remembrance Sunday, kita akan menghormati kenangan para pria dan wanita yang telah hilang dari kita, dan memberi penghormatan kepada tentara pemberani Ukraina saat mereka melanjutkan perjuangan mereka untuk kebebasan," lanjutnya.

Remembrance Sunday adalah puncak dari hari-hari acara untuk memberikan penghormatan kepada semua orang yang kehilangan nyawa dalam konflik.

Pada hari Kamis Camilla meletakkan salib di Field of Remembrance di luar Westminster Abbey London, di samping 70.000 simbol lain yang ditinggalkan oleh asosiasi militer, dan ruang yang didedikasikan untuk mendiang ratu.

Pada hari Jumat - Hari Gencatan Senjata, menandai berakhirnya permusuhan dalam Perang Dunia I - sebuah kebaktian diadakan di National Memorial Arboretum di Inggris tengah.

Raja, ratu dan anggota keluarga senior pada hari Sabtu menghadiri konser tahunan yang diselenggarakan oleh badan amal veteran Royal British Legion.

Pada hari Minggu, sekitar 10.000 veteran akan berbaris melewati Cenotaph termasuk 400 orang yang bertempur dalam Perang Falklands, 40 tahun lalu.

Anggota kerajaan lain yang diharapkan pada hari Minggu termasuk putra dan pewaris tertua Charles, Pangeran William, dan istri William, Kate.

Simak juga Video: Usai Insiden Dilempari Telur, Raja Charles Resmikan Patung Ratu Elizabeth II

[Gambas:Video 20detik]




(eva/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT