Bolsonaro Bicara Transisi Kekuasaan Tanpa Akui Kekalahan Pilpres Brasil

ADVERTISEMENT

Bolsonaro Bicara Transisi Kekuasaan Tanpa Akui Kekalahan Pilpres Brasil

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 02 Nov 2022 04:18 WIB
(FILES) This file photo taken on September 15, 2021 shows Brazilian President Jair Bolsonaro attending the Marechal Rondon Communications Award ceremony at the Planalto Palace in Brasilia. - Brazilian President Jair Bolsonaro was urgently hospitalized early on January 3, 2022 morning for treatment of a probable intestinal obstruction, local media reported. (Photo by EVARISTO SA / AFP)
Jair Bolsonaro. (AFP/EVARISTO SA)
Jakarta -

Presiden Brasil Jair Bolsonaro 'mengizinkan' transisi kekuasaan ke pemerintahan baru usai Luiz Inacio Lula da Silva yang memenangkan Pilpres Brasil. Bicara transisi kekuasaan, Bolsonaro tanpa mengakui kekalahannya dari saingan kiri Luiz Inacio Lula da Silva.

Seperti dilansir AFP, Rabu (2/10/2022), Bolsonaro buka suara dua hari setelah kekalahan tipisnya dari Lula, yang memicu protes dari para pendukungnya di seluruh negeri dan kekhawatiran dia tidak akan menerima hasilnya.

Dalam pidato yang berlangsung lebih dari dua menit, petahana sayap kanan itu tidak mengakui kekalahan, atau memberi selamat kepada Lula atas kemenangannya.

Bolsonaro memulai pidato dengan ucapan terima kasih kepada 58 juta orang Brasil yang memilihnya, sebelum berkomentar bahwa demo oleh para pendukungnya di seluruh negeri adalah buah kemarahan dan perasaan tidak adil tentang bagaimana proses pemilihan berlangsung.

"Protes damai akan selalu disambut," katanya, seraya menambahkan bahwa orang tidak boleh dihalangi untuk datang dan pergi.

"Sebagai presiden republik dan warga negara saya akan terus mematuhi konstitusi kita," katanya, sebelum menyerahkan podium kepada kepala stafnya Ciro Noguiera, yang mengatakan Bolsonaro telah 'mengizinkan' proses 'mulai transisi.

Partai Buruh Lula mengumumkan bahwa wakil presiden terpilih Geraldo Alckmin akan memimpin proses transisi yang akan dimulai pada Kamis. Lula akan dilantik untuk masa jabatan ketiganya sebagai presiden pada 1 Januari.

Lihat video 'Polisi Bubarkan Aksi Loyalis Bolsonaro Halangi Jalur Logistik':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT