Eks Pilot AS yang Bekerja di China Ditangkap Polisi Australia

ADVERTISEMENT

Eks Pilot AS yang Bekerja di China Ditangkap Polisi Australia

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 25 Okt 2022 14:59 WIB
Ilustrasi penjara
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/Fahroni)
Canberra -

Seorang mantan pilot militer dan instruktur penerbangan Amerika Serikat (AS) yang bekerja di China, ditangkap di Australia, atas permintaan otoritas Washington DC. Mantan pilot militer itu terancam diekstradisi ke AS.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (25/10/2022), Kepolisian Federal Australia menangkap Daniel Edmund Duggan (54) di kota pinggiran Orange di New South Wales, pada Jumat (21/10) waktu setempat. Menurut dokumen pengadilan dan dua sumber kepolisian juga pengacaranya, Duggan dihadirkan dalam persidangan yang digelar pada hari yang sama.

Dua sumber menyebut pengacara Duggan hadir dalam persidangan via video conference. Dalam persidangan itu, pengadilan menolak untuk menetapkan jaminan bagi Duggan dan dia dijebloskan ke penjara Bathrust.

Salah satu sumber kepolisian setempat mengungkapkan bahwa Kepolisian Federal Australia menangkap Duggan atas permintaan otoritas AS menjelang kemungkinan proses ekstradisi resmi.

Duggan akan kembali dihadirkan dalam persidangan di Sydney pada November mendatang, untuk mempertimbangkan permohonan jaminan. Detail soal perintah penangkapan dari AS dan dakwaan yang menjerat Duggan tidak diungkap ke publik.

"Seorang individu ditangkap pada 21 Oktober 2022 berdasarkan permintaan dari AS untuk penangkapan sementara," ucap juru bicara Departemen Jaksa Agung Australia dalam pernyataan tertulis kepada Reuters.

"Karena masalah ini ada di pengadilan, tidak pantas untuk berkomentar lebih lanjut," imbuh juru bicara itu.

Simak juga 'Xi Jinping Diberi Mandat Pimpin China Periode Ketiga':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT