2 Pilot Jet Tempur Rusia Tewas usai Tabrak Rumah di Siberia

ADVERTISEMENT

2 Pilot Jet Tempur Rusia Tewas usai Tabrak Rumah di Siberia

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 24 Okt 2022 03:30 WIB
Jakarta -

Dua pilot tewas setelah sebuah jet tempur Rusia yang melakukan uji terbang menabrak sebuah rumah berlantai dua di Irkutsk, Siberia selatan. Insiden itu terjadi beberapa hari setelah sebuah jet militer menabrak blok flat di Yeysk Rusia dekat Ukraina, menewaskan lebih dari selusin orang, termasuk anak-anak.

"Sebuah pesawat kategori Su menabrak gedung dua lantai di Irkutsk di jalan Przhevalskogo," kata Gubernur Igor Kobzev seperti dilansir AFP, Senin (24/10/2022).

Departemen lokal dari kementerian darurat mengklarifikasi bahwa pesawat Su-30 jatuh saat uji terbang. Kobzev kemudian mengatakan dua pilot tewas dalam kecelakaan itu tetapi warga tidak terluka.

Dia memposting video bangunan, yang dia gambarkan sebagai rumah pribadi untuk dua keluarga seluas 100 meter persegi, dengan asap mengepul di langit yang gelap.

Sedikitnya belasan petugas pemadam kebakaran terlihat di tempat kejadian, bekerja untuk memadamkan api yang berkobar setelah kecelakaan itu.

Sekitar pukul 13.00 waktu setempat, api dapat dipadamkan, menurut kementerian darurat, yang mengatakan kobaran api telah menelan area seluas 200 meter persegi.

Menurut Kobzev, dua keluarga dengan total lima orang tinggal di rumah itu tetapi tidak berada di dalam pada saat kejadian. Gubernur menyatakan belasungkawa yang tulus kepada keluarga pilot.

"Ini adalah tragedi besar. Sangat menyakitkan ketika para profesional meninggal," katanya.

Setelah kecelakaan itu, sekitar 150 rumah dibiarkan tanpa listrik, kata Kobzev, menambahkan bahwa itu akan dipulihkan pada akhir hari. Komite investigasi Rusia, yang menyelidiki kejahatan besar, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah meluncurkan tim kasus pidana atas insiden tersebut.

(rfs/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT