Salju Longsor di Himalaya Tewaskan 10 Pendaki, 18 Orang Hilang

ADVERTISEMENT

Salju Longsor di Himalaya Tewaskan 10 Pendaki, 18 Orang Hilang

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 17:42 WIB
Himalaya
Ilustrasi (dok. Thinsktock)
New Delhi -

Sedikitnya 10 orang dikonfirmasi tewas setelah salju longsor menerjang para pendaki di Himalaya yang ada di wilayah India. Sekitar 18 anggota ekspedisi pendakian lainnya dilaporkan masih hilang.

Seperti dilansir AFP, Rabu (5/10/2022), belasan peserta pelatihan pendakian terjebak salju longsor pada Selasa (4/10) pagi waktu setempat, di dekat puncak Gunung Draupadi ka Danda-II di negara bagian Uttarakhand.

Angkatan Udara India dan badan penanggulangan bencana setempat membantu upaya pencarian para korban sebelum hujan salju lebat dan hujan deras memaksa mereka menangguhkan pencarian pada malam hari.

"Tim penyelamat telah menemukan 10 jenazah," sebut kepolisian negara bagian Uttarakhand dalam pernyataan via Twitter, setelah operasi pencarian berlanjut keesokan paginya.

Sekitar 14 orang telah berhasil diselamatkan dari lokasi longsor, yang terletak di ketinggian 4.900 meter dari permukaan laut. Kepolisian setempat menyatakan lima orang di antaranya tengah menjalani perawatan medis di rumah sakit lokal di Uttarkashi.

Rekaman video dari kepolisian menunjukkan sejumlah pendaki yang diselamatkan tiba di kota dan mampu berjalan tanpa bantuan dengan dikawal petugas.

Dalam pernyataan terpisah, Kepala Menteri Uttarakhand Pushkar Singh Dhami mengonfirmasi via Twitter bahwa pendaki ulung bernama Savita Kanswal, yang awal tahun ini menaklukkan puncak Everest, termasuk di antara korban tewas.

Simak juga 'Kilat Berwarna Merah Tertangkap Kamera Seorang Fotografer China':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT