ADVERTISEMENT

Murka Presiden Nikaragua hingga Putuskan Hubungan dengan Belanda

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 01 Okt 2022 20:10 WIB
Bagaimana Presiden Ortega dan istrinya kembali berkuasa setelah menang pemilu Nikaragua yang digambarkan palsu dan lelucon
Ilustrasi Nikaragua (Foto: BBC World)
Jakarta -

Pemerintah Nikaragua memutuskan hubungan diplomatik dengan Belanda. Nikaragua menganggap Belanda telah melakukan intervensi atas kedaulatan negara.

Dilansir kantor berita AFP, Sabtu (1/10/2022), selain kepada Belanda, Pemerintah Nikaragua juga menyatakan penolakan atas masuknya duta besar Amerika Serikat yang baru karena sikapnya yang "mengganggu".

"Nikaragua, dihadapkan pada posisi campur tangan, intervensi dan neokolonialisme Kerajaan Belanda yang telah menyinggung ... dengan ancaman dan penangguhan pekerjaan untuk kebaikan bersama, menyampaikan kepada Pemerintah negara itu tentang keputusan kami untuk segera menghentikan hubungan diplomatik," kata Kementerian Luar Negeri Nikaragua dalam sebuah pernyataan pada Jumat (30/9).

Pemutusan hubungan diplomatik itu juga tak terlepas dari murkanya Presiden Nikaragua Daniel Ortega. Ortega murka terhadap diplomat Belanda.

Dia mengecam Belanda setelah mengetahui Negara Kincir Angin itu tidak akan mendanai rumah sakit yang telah lama dijanjikan.

"Mereka yang datang untuk tidak menghormati rakyat kami, tanah air kami, mereka seharusnya tidak muncul lagi di Nikaragua. Dan kami tidak ingin hubungan dengan pemerintah intervensionis itu," kata Ortega.

Pernyataan Ortega itu mengacu pada Duta Besar Belanda untuk Amerika Tengah, Christine Pirenne, yang berbasis di Kosta Rika.

Menurutnya, selama kunjungan ke ibu kota Nikaragua, Managua, pada hari Kamis (29/9), Pirenne memberi tahu Menteri Luar Negeri Nikaragua Denis Moncada bahwa Belanda tidak akan lagi membiayai rumah sakit yang mereka janjikan untuk dibangun bertahun-tahun lalu.

"Duta Besar datang untuk berbicara dengan Nikaragua seolah-olah Nikaragua adalah koloni Belanda," kata Ortega.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT