Putin Permudah WNA Jadi Warga Negaranya Jika Gabung Tentara Rusia

ADVERTISEMENT

Putin Permudah WNA Jadi Warga Negaranya Jika Gabung Tentara Rusia

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 23:11 WIB
Russian President Vladimir Putin delivers a speech at the plenary session of the 2022 Eastern Economic Forum (EEF) in Vladivostok, Russia September 7, 2022. Sergey Bobylev/TASS Host Photo Agency/Handout via REUTERS
Vladimir Putin (Foto: Sergey Bobylev/TASS Host Photo Agency/Handout via REUTERS)
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin telah menandatangani dekrit yang memudahkan orang asing untuk mendapatkan kewarganegaraan Rusia jika bergabung dengan tentara di negara itu. Dekrit itu diterbitkan Jumat hari ini.

"Warga negara asing atau orang tanpa kewarganegaraan yang menandatangani kontrak untuk bertugas di Angkatan Bersenjata Rusia ... selama setidaknya satu tahun dan mengambil bagian dalam operasi militer setidaknya selama enam bulan akan memenuhi syarat untuk prosedur aplikasi yang disederhanakan," tulis dekrit tersebut seperti dilansir AFP, Jumat (30/9/2022).

Orang asing yang nantinya terluka dalam pertempuran sebelum enam bulan dan tidak dapat kembali ke medan perang juga dianggap memenuhi syarat untuk mendapatkan kewarganegaraan Rusia.

Dokumen itu muncul seminggu setelah Putin mengumumkan mobilisasi ratusan ribu orang Rusia untuk mendukung tentara Moskow di Ukraina, yang baru-baru ini mengalami kemunduran, terutama di bagian timur negara itu.

Dekrit itu tampaknya ditujukan kepada ribuan warga negara bekas Soviet di Asia Tengah yang tinggal dan bekerja di Rusia dan menerima gaji yang lebih baik dibandingkan dengan negara asal mereka yang lebih miskin.

Pasangan, anak-anak, dan orang tua orang warga negara asing yang menandatangani kontrak dengan tentara juga akan dapat memperoleh manfaat kemudahan menjadi warga Rusia.

Lihat video 'Pasukan Kiev Bersiap Hadapi Serangan Intesif Rusia Menganeksasi 4 Wilayah Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT