Geger Uskup Belo Dituduh Lecehkan Anak-anak, Vatikan Jatuhkan Sanksi!

ADVERTISEMENT

Geger Uskup Belo Dituduh Lecehkan Anak-anak, Vatikan Jatuhkan Sanksi!

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 13:00 WIB
FILE - Nobel Peace Prize laureate, East Timor bishop Carlos Filipe Ximenes Belo displays his certificate and medal during the Nobel ceremony at the Oslo townhall, on Dec. 10, 1996. Belo has been accused in a Dutch magazine article of sexually abusing boys in East Timor in the 1990s, rocking the Catholic Church in the impoverished nation and forcing officials at the Vatican and his religious order to scramble to provide answers. (AP Photo/Bjoern Sigurdsoen, File)
Uskup Carlos Filipe Ximenes Belo dalam foto tahun 1996 saat meraih Nobel Perdamaian (AP Photo/Bjoern Sigurdsoen, File)
Vatican City -

Vatikan menjatuhkan sanksi disiplin terhadap Uskup Carlos Ximenes Belo yang dituduh melecehkan anak-anak saat perjuangan kemerdekaan Timor Leste tahun 1990-an silam. Tuduhan itu menggemparkan Gereja Katolik Timor Leste yang sempat dipimpin Belo, yang sosoknya sangat dihormati di Timor Leste.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (30/9/2022), pernyataan Vatikan soal sanksi untuk Belo itu disampaikan setelah majalah Belanda, De Groene Amsterdammer, melaporkan dugaan pelecehan seksual sejumlah anak laki-laki oleh Belo puluhan tahun lalu.

De Groene Amsterdammer dalam laporannya mengutip dua pria yang mengklaim sebagai korban, yang menuturkan ketika masih remaja, berusia sekitar 14-16 tahun, mereka dilecehkan secara seksual oleh Belo di rumahnya di Dili dan kemudian diberi uang olehnya.

Dilaporkan ada sejumlah korban lainnya, yang belum muncul ke publik dengan tuduhannya.

Juru bicara Vatikan Matteo Bruni menyatakan kantor yang menangani kasus pelecehan seksual telah menerima laporan soal dugaan 'tentang perilaku uskup tersebut' tahun 2019 lalu, dan dalam waktu setahun telah menjatuhkan sanksi.

Sanksi-sanksi itu mencakup pembatasan pergerakan dan praktik pelayanan untuk Belo, dan larangan kontak sukarela dengan anak di bawah umur atau kontak dengan Timor Leste.

Dalam pernyataannya, Bruni mengatakan sanksi-sanksi itu 'dimodifikasi dan diperkuat' pada November 2021. Disebutkan juga oleh Bruni bahwa Belo telah secara resmi menerima hukuman dalam dua kesempatan itu.

Simak juga 'Alasan Pangeran Andrew Dilarang Pakai Seragam Militer di Pemakaman Ratu Elizabeth II':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT