17 Orang Tewas dalam Kebakaran di Restoran China

ADVERTISEMENT

17 Orang Tewas dalam Kebakaran di Restoran China

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 16:34 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Kebakaran terjadi di sebuah restoran di China dan menewaskan 17 orang. Tiga orang lainnya terluka dalam insiden pada Rabu (28/9) siang waktu setempat itu.

Dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (28/9/2022), kebakaran tersebut terjadi pada pukul 12:40 waktu setempat di sebuah restoran di kota Changchun, China timur laut, kata pemerintah setempat dalam sebuah pernyataan yang diposting di platform media sosial Weibo.

Dalam pernyataan itu disebutkan bahwa para petugas pemadam kebakaran "bergegas ke tempat kejadian" dan menyelesaikan pekerjaan pencarian dan penyelamatan korban pada pukul 3 sore waktu setempat.

"Yang terluka telah dikirim ke rumah sakit untuk perawatan, sementara penanganan anumerta untuk para korban sedang dilakukan," tambahnya.

Pihak berwenang mengatakan penyebab insiden kebakaran itu sedang diselidiki.

Kebakaran mematikan sering terjadi di China, di mana lemahnya penegakan aturan bangunan dan konstruksi tidak sah yang meluas dapat mempersulit orang untuk melarikan diri dari bangunan yang terbakar.

Awal bulan ini, kobaran api besar di pusat kota Changsha melalap bagian dari gedung pencakar langit yang menampung kantor perusahaan telekomunikasi milik negara, China Telecom. Tak ada korban yang dilaporkan dalam insiden itu.

Pada Juli tahun lalu, kebakaran gudang di provinsi Jilin menewaskan 15 orang dan melukai 25 lainnya, menurut laporan media pemerintah.

Sebulan sebelumnya, kebakaran menewaskan 18 orang -- kebanyakan anak-anak -- di sebuah sekolah seni bela diri di provinsi Henan, China tengah. Insiden mematikan itu menyebabkan kegemparan atas standar keselamatan kebakaran.

Lihat juga video '54 Kios Pasar Banjarsari Hangus Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 3 M':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT