Zelensky Ogah Berunding dengan Rusia Usai Referendum Digelar!

ADVERTISEMENT

Zelensky Ogah Berunding dengan Rusia Usai Referendum Digelar!

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 09:50 WIB
Kiev -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan negaranya tidak akan mau berunding dengan Rusia setelah referendum digelar di wilayah-wilayah Ukraina yang dikuasai pasukan Moskow. Para pejabat pro-Rusia mengklaim telah memenangkan referendum untuk bergabung dengan Federasi Rusia.

Seperti dilansir AFP, Rabu (28/9/2022), penegasan itu disampaikan Zelensky saat berpidato lewat pesan video kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada Selasa (27/9) waktu setempat.

"Pengakuan Rusia terhadap referendum palsu sebagai 'normal', penerapan dari apa yang disebut skenario Crimea, dan upaya lainnya untuk mencaplok wilayah Ukraina berarti tidak ada yang perlu dibicarakan dengan Presiden Rusia saat ini," tegas Zelensky.

"Di depan mata seluruh dunia, Rusia melakukan sandiwara serentak yang disebut 'referendum' di wilayah-wilayah Ukraina yang diduduki," sebutnya.

"Orang-orang dipaksa untuk mengisi sejumlah kertas untuk foto televisi di bawah todongan senapan mesin," ungkap Zelensky.

"Angka-angka yang merupakan dugaan hasil referendum palsu sudah diputuskan sejak awal," imbuhnya.

Zelensky juga membahas soal ancaman senjata nuklir yang dilontarkan Rusia beberapa hari terakhir. "Ancaman penggunaan senjata nuklir telah menjadi narasi yang konstan dari para pejabat dan propagandis Rusia," tuduhnya.

Belum ada tanggapan resmi dari Rusia maupun Kremlin atas pernyataan terbaru Zelensky itu.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT