Ukraina: Kebocoran Pipa Gas Nord Stream Serangan Teroris Rancangan Rusia

ADVERTISEMENT

Ukraina: Kebocoran Pipa Gas Nord Stream Serangan Teroris Rancangan Rusia

Haris Fadhil - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 22:12 WIB
Angkatan bersenjata Denmark merilis video yang menunjukkan Laut Baltik mendidih. Ternyata penyebabnya karena kebocoran pipa gas Nord Stream 1 dan 2.
Penampakan kebocoran pipa gas Nord Stream (Foto: Reuters)
Kyiv -

Ukraina menuding kebocoran gas pada jaringan pipa Nord Stream yang menghubungkan Rusia dan negara-negara lain di Eropa kemungkinan merupakan hasil dari 'serangan teroris' yang dilakukan oleh Moskow. Ukraina menyebut tindakan itu seperti agresi terhadap Uni Eropa.

"'Kebocoran gas' skala besar dari Nord Stream 1 tidak lebih dari serangan teroris yang direncanakan oleh Rusia dan tindakan agresi terhadap UE," kata penasihat presiden Kyiv, Mikhaylo Podolyak, di Twitter seperti dilansir AFP, Selasa (27/9/2022).

Podolyak menuduh Rusia berusaha 'menggoyahkan situasi ekonomi di Eropa dan menyebabkan kepanikan sebelum musim dingin'. Pihak berwenang Skandinavia mengatakan bahwa dua kebocoran telah diidentifikasi pada pipa Nord Stream 1 di Laut Baltik - satu di zona ekonomi Denmark dan yang lainnya di Swedia - beberapa jam setelah penurunan tekanan dilaporkan di Nord Stream 2.

Lembaga seismologi Swedia mengatakan ada dua ledakan bawah air direkam sebelum ditemukannya kebocoran gas.

Kremlin sebelumnya telah menyatakan 'sangat prihatin' tentang kebocoran gas dan tidak mengesampingkan bahwa itu bisa menjadi tindakan sabotase.

Jaringan pipa telah menjadi pusat ketegangan geopolitik dalam beberapa bulan terakhir karena Rusia memotong pasokan gas ke Eropa sebagai pembalasan terhadap sanksi Barat menyusul invasinya ke Ukraina.

Dibangun paralel dengan pipa Nord Stream 1, Nord Stream 2 dimaksudkan untuk menggandakan kapasitas impor gas Rusia ke Jerman. Tetapi, Berlin memblokir Nord Stream 2 yang baru selesai sebelum perang di Ukraina.

(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT