Wapres AS Akan Datangi Zona Demiliterisasi Korea, Korut Bisa Marah!

ADVERTISEMENT

Wapres AS Akan Datangi Zona Demiliterisasi Korea, Korut Bisa Marah!

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 12:34 WIB
U.S. Vice President Kamala Harris smiles as she holds a bilateral meeting with Australias Prime Minister Anthony Albanese in Tokyo, Tuesday, Sept. 27, 2022. (Leah Millis/Pool Photo via AP)
Wapres AS Kamala Harris (Leah Millis/Pool Photo via AP)
Seoul -

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris akan mengunjungi Korea Selatan (Korsel), pekan ini, setelah menghadiri pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe. Di Korsel, Harris dijadwalkan akan secara langsung mendatangi Zona Demiliterisasi (DMZ) yang dijaga ketat.

Seperti dilansir AFP, Selasa (27/9/2022), seorang pejabat Gedung Putih, yang tidak disebut namanya, mengungkapkan bahwa Harris akan mengunjungi langsung DMZ yang terletak di perbatasan Korsel dan Korea Utara (Korut) pada Kamis (29/9) mendatang.

Kunjungan itu kemungkinan akan memicu reaksi bernada kemarahan dari Korut, yang mengecam Ketua DPR AS Nancy Pelosi sebagai perusak perdamaian internasional terburuk' saat dia mengunjungi DMZ pada Agustus lalu.

Pada Senin (26/9) waktu setempat, Pyongyang memperingatkan bahwa Korsel dan AS berisiko memicu perang, setelah kedua negara yang bersekutu itu meluncurkan latihan Angkatan Laut gabungan di dekat Semenanjung Korea untuk pertama kali dalam lima tahun terakhir.

Menurut pejabat Gedung Putih itu, kunjungan Harris ke DMZ akan 'menggarisbawahi... komitmen Amerika Serikat untuk tetap mendukung (Korsel) dalam menghadapi setiap ancaman yang ditimbulkan' oleh Korut.

Disebutkan juga bahwa Harris akan 'merefleksikan pengorbanan bersama' dari tentara AS dan Korea yang gugur dalam Perang Korea, yang berakhir dengan gencatan senjata yang memisahkan semenanjung itu hampir 70 tahun lalu, atau pada tahun 1953.

Harris yang tiba di Tokyo sejak Senin (26/9) waktu setempat, telah bertemu Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida dan PM Korsel Han Duck-soo.

Simak juga 'Mimpi Besar AS-Korsel untuk Melucuti Nuklir Korut':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT