Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Hari Ini, Dihadiri Ribuan Orang

ADVERTISEMENT

Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Hari Ini, Dihadiri Ribuan Orang

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 09:56 WIB
An image of former Japanese Prime Minister Shinzo Abe is displayed at the stands set up outside the Nippon Budokan in Tokyo Tuesday, Sept. 27, 2022, as people queue up to leave flowers ahead of his state funeral. (Nicolas Datiche/Pool Photo via AP)
Publik diberi tempat khusus untuk meletakkan bunga di luar lokasi pemakaman kenegaraan Shinzo Abe (Nicolas Datiche/Pool Photo via AP)
Tokyo -

Pemakaman kenegaraan untuk mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe digelar di Tokyo pada hari ini, atau sekitar dua bulan setelah dia tewas dibunuh. Dalam seremoni kenegaraan ini, abu jenazah Abe akan dibawa ke lokasi yang ada di Nippon Budokan Hall dengan disambut tembakan kehormatan.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Selasa (27/9/2022), ratusan warga Jepang telah mengantre di luar Nippon Budokan Hall, Tokyo, pada Selasa (27/9) pagi untuk menunggu giliran meletakkan bunga di tempat yang telah disediakan.

Diperkirakan 4.300 orang akan menghadiri seremoni pemakaman kenegaraan ini, dengan sedikitnya 48 pemimpin atau pejabat tinggi pemerintahan berbagai negara, baik yang masih aktif menjabat maupun yang sudah tidak menjabat, akan turut hadir.

Beberapa di antaranya adalah Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris, PM India Narendra Modi, dan PM Australia Anthony Albanese.

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako tidak akan hadir, mengingat keduanya tokoh nasional yang netral. Namun Putra Mahkota Akishino dan istrinya diperkirakan akan hadir untuk menyerahkan bunga pada akhir seremoni.

Seremoni akan dimulai sekitar pukul 14.00 waktu setempat, dengan abu jenazah Abe dibawa ke lokasi dengan disambut 19 tembakan meriam dari para pengawal kehormatan Jepang.

Juru bicara pemerintah Jepang Hirokazu Matsuno kemudian akan membuka seremoni, yang kemudian diikuti alunan lagu kebangsaan Jepang dan momen mengheningkan cipta.

Eulogi akan disampaikan oleh PM Jepang Fumio Kishida dan deretan politikus Jepang lainnya, termasuk Yoshihide Suga yang menjabat PM Jepang setelah Abe mengundurkan diri. Seremoni pemakaman kenegaraan ini akan berlangsung selama 90 menit.

Simak Video 'Jepang Gelar Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT