Swiss Akan Musnahkan 10 Juta Dosis Vaksin Moderna Kadaluarsa

ADVERTISEMENT

Swiss Akan Musnahkan 10 Juta Dosis Vaksin Moderna Kadaluarsa

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 25 Sep 2022 02:06 WIB
Ilustrasi vaksin Moderna
Ilustrasi Vaksin Moderna (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Swiss akan memusnahkan 10,3 juta dosis vaksin Covid-19 jenis Moderna. Hal ini dilakukan karena masa berlaku vaksin tersebut habis pada minggu ini.

Dilansir AFP, Minggu (25/9/2022) Kementerian Kesehatan mengatakan tidak mempunyai pilihan lain selain melakukan pemusnahan.

Dikatakan kepada kantor berita bahwa 2,5 juta dosis disimpan di pangkalan logistik tentara Swiss dan 7,8 juta berada di depot penyimpanan eksternal di Belgia.

Kementerian mengkonfirmasi laporan awal di situs berita Swiss Beobachter, yang memperkirakan bahwa dosis yang ditetapkan untuk penghancuran bernilai sekitar 280 juta franc Swiss ($ 285 juta).

Disebutkan pada bulan Juni, situs berita Swissinfo memperkirakan bahwa Swiss memiliki kelebihan sekitar 38 juta dosis berbagai vaksin Covid, yang akan kedaluwarsa sebelum akhir tahun.

Kementerian mengatakan bahwa sekitar 3,5 juta dosis vaksin Moderna baru yang diadaptasi akan tersedia ketika Swiss memulai kampanye booster berikutnya bulan depan.

Swiss diketahui mencatat 13.556 kematian akibat Covid sejak awal pandemi. Negara ini juga telah memvaksinasi penuh hampir 70 persen dari 8,7 juta warganya.

(dwia/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT