Heboh Presiden Yoon Mengumpat Usai Bertemu Biden, Ini Kata Korsel

ADVERTISEMENT

Heboh Presiden Yoon Mengumpat Usai Bertemu Biden, Ini Kata Korsel

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 15:47 WIB
South Korea President Yoon Suk Yeol, center, celebrates the successful launch of the Nuri rocket, the first domestically produced space rocket, at the presidential office in Seoul, South Korea, Tuesday, June 21, 2022. South Korea launched its first domestically built space rocket on Tuesday in the countrys second attempt, months after its earlier liftoff failed to place a payload into orbit. (Ahn Jung-won/Yonhap via AP)
Presiden Korsel Yoon Suk-yeol (tengah) (dok. AP Photo/Ahn Jung-won)

Pembelaan juga disampaikan oleh salah satu anggota parlemen dari partai yang berkuasa di Korsel, yang menyerukan agar stasiun televisi Korsel, yang pertama melaporkan komentar Yoon yang menuai kritikan publik, harus dituntut.

"MBC harus secara serius dimintai pertanggungjawaban atas laporannya yang merusak aliansi AS-Korea yang tidak tergantikan," cetus anggota parlemen Korsel, Yoon Sang-hyun, dalam pernyataan via Facebook.

Diketahui bahwa MBC, yang merupakan salah satu televisi terkemuka di Korsel, mempublikasikan video yang menunjukkan momen Yoon melontarkan umpatan usai bertemu Biden di New York itu pada akun YouTube-nya pada Kamis (23/9) waktu setempat.

Video itu menunjukkan Yoon berjalan di panggung usai berbincang dengan Biden, sebelum beralih ke ajudannya dan melontarkan komentar dengan umpatan.

Di sisi lain, pembelaan kantor kepresidenan Korsel justru semakin meningkatkan keraguan publik. "Sungguh memalukan bagi anak-anak kita bahwa kantor kepresidenan kita membuat alasan semacam itu," demikian bunyi salah satu komentar di YouTube.

"Saya sudah mendengarkannya 10 kali sekarang. Itu sudah pasti kata 'Biden'," imbuh komentar lainnya.

Anggota parlemen Korsel dari Partai Demokratik, Chun Jae-soo, dari kubu oposisi menyebut penyangkalan kantor kepresidenan Korsel sama saja memberitahu warga Korsel bahwa mereka 'tuna rungu'.


(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT