ADVERTISEMENT

Heboh Presiden Yoon Mengumpat Usai Bertemu Biden, Ini Kata Korsel

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 15:47 WIB
South Korea President Yoon Suk Yeol, center, celebrates the successful launch of the Nuri rocket, the first domestically produced space rocket, at the presidential office in Seoul, South Korea, Tuesday, June 21, 2022. South Korea launched its first domestically built space rocket on Tuesday in the countrys second attempt, months after its earlier liftoff failed to place a payload into orbit. (Ahn Jung-won/Yonhap via AP)
Presiden Korsel Yoon Suk-yeol (tengah) (dok. AP Photo/Ahn Jung-won)
Seoul -

Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk-yeol membantah telah menghina Amerika Serikat (AS), sekutu penting negaranya, dengan umpatan. Kantor kepresidenan Korsel mengklaim ucapan Yoon, yang menuai kritikan publik Korsel, telah salah diterjemahkan.

Namun bukannya meredakan kritikan, pembelaan yang disampaikan kantor kepresidenan Korsel itu justru semakin memicu kecaman luas di dalam negeri.

Seperti dilansir AFP, Jumat (23/9/2022), Yoon terjerat skandal hot mic di mana dia terekam kamera melontarkan kata-kata umpatan yang tampaknya menghina anggota Kongres AS, sesaat usai dia bertemu dan berbincang singkat dengan Presiden Joe Biden dalam acara Global Fund di New York, pekan ini.

"Bagaimana bisa Biden tidak kehilangan muka jika para keparat ini tidak meloloskannya di Kongres?" ucap Yoon dalam komentar yang tampaknya membahas soal upaya Biden untuk meningkatkan kontribusi AS pada Global Fund, yang akan membutuhkan persetujuan Kongres AS.

Rekaman video yang menunjukkan Yoon menggunakan kata-kata umpatan itu menjadi viral di Korsel, dengan salah satu video di YouTube telah ditonton lebih dari lima juta kali dalam waktu kurang dari sehari. Kata umpatan yang digunakan Yoon juga trending di Twitter untuk kawasan Korsel.

Dalam pembelaannya, juru bicara kantor kepresidenan Korsel, Kim Eun-hye, menyatakan Yoon 'tidak memiliki alasan untuk berbicara tentang AS atau mengucapkan kata 'Biden'.'

Berbicara dalam konferensi pers di New York pada Kamis (22/9) waktu setempat, Kim mengklaim Yoon tidak mengucapkan kata 'Biden' namun kata bahasa Korea lainnya yang terdengar serupa. Disebutkan juga oleh Kim bahwa Yoon merujuk pada anggota parlemen Korsel, bukan anggota Kongres AS.

Simak juga video 'Mimpi Besar AS-Korsel untuk Melucuti Nuklir Korut':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT