ADVERTISEMENT

Sosok Mahsa Amini, Kematiannya Picu Wanita Iran Ramai-ramai Demo

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Rabu, 21 Sep 2022 18:45 WIB
Mahsa Amini sempat menjadi sorotan dunia. Ia meninggal dunia setelah koma di rumah sakit selama tiga hari. Lantas, siapa sebenarnya sosok Mahsa Amini ini?
Mahsa Amini (Foto: Twitter via The Guardian)
Jakarta -

Mahsa Amini sempat menjadi sorotan dunia. Ia meninggal dunia setelah koma di rumah sakit selama tiga hari. Kematian Mahsa Amini juga memicu kemarahan para wanita di kota Iran.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Mahsa Amini ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Siapa Mahsa Amini?

Dilansir Alarabiya News, Mahsa Amini adalah wanita asal Iran yang ditangkap oleh polisi setempat karena tidak memakai hijab. Setelah ditangkap pada Selasa (13/9/2022), Mahsa Amini sempat dirawat di rumah sakit karena kesehatannya yang menurun hingga dirinya koma.

Pihak kepolisian menyebutkan jika Amini sakit, namun para aktivis dan demonstran mengatakan jika Amini dipukuli polisi selama berada di dalam tahanan. Hal itu membuat Amini cedera serius hingga meninggal dunia di rumah sakit.

Aksi demo di Iran untuk memprotes kematian Mahsa Amini, wanita Iran yang ditangkap karena tidak berhijab.Aksi demo di Iran untuk memprotes kematian Mahsa Amini, wanita Iran yang ditangkap karena tidak berhijab. (Foto: AP/)

Protes Kematian Amini, Ramai Wanita Iran Demo Sambil Lepas Hijab

Iran adalah kota yang mewajibkan wanita memakai hijab di tempat umum. Sejumlah wanita di Iran pun turun ke jalan untuk memprotes kematian Mahsa Amini.

Kantor berita Fars dan Tasnim melaporkan aksi unjuk rasa tersebut digelar di beberapa lokasi di ibu kota Teheran, termasuk di sejumlah universitas, juga di kota Mashhad sejak Senin (19/9/2022) waktu setempat. Bahkan, beberapa dari mereka sampai melepas hijab.

"Beberapa ratus orang meneriakkan slogan-slogan menentang otoritas setempat, beberapa dari mereka melepaskan hijab mereka," demikian keterangan dari kantor berita Fars, dikutip detikcom, Rabu (21/9/2022).

Para Demonstran Membakar Hijab

Selain melepas hijab, berbagai video viral di media sosial memperlihatkan para demonstran yang mayoritas wanita itu membakar hijab mereka. Salah satu video dari kota Sari menunjukkan seorang wanita menari dengan hijab di tangannya. Kemudian, ia melemparkan hijab itu ke dalam kobaran api, yang disambut sorak-sorai dari para demonstran lainnya.

5 Orang Tewas dalam Protes Kematian Mahsa Amini

Sebanyak lima orang tewas setelah pasukan keamanan Iran melepaskan tembakan dalam unjuk rasa protes kematian Mahsa Amini yang digelar di wilayah Kurdistan. Organisasi Hak Asasi Manusia (HAM) Hengaw lewat akun Twitter menyebutkan rincian korban tewas tersebut, di antaranya:

  • Dua orang tewas saat pasukan keamanan melepas tembakan ke arah demonstran di kota Saqez, kota asal Amini
  • Dua orang lainnya tewas karena tembakan langsung di kota Divandarreh
  • Satu orang tewas di Dehlogan.

Simak Video: Iran Bergejolak Usai Kematian Mahsa Amini di Tahanan, 5 Orang Tewas

[Gambas:Video 20detik]




(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT