ADVERTISEMENT

Putin Perintahkan Mobilisasi Militer, Oposisi Rusia Serukan Aksi Demo

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 21 Sep 2022 18:37 WIB
Russian President Vladimir Putin attends a meeting in Moscow, Russia, Thursday, Aug. 25, 2022. Russian President Vladimir Putin has ordered the Russian military to increase the size of the countrys armed forces by 137,000 amid Moscows military action in Ukraine. (Mikhail Klimentyev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Mikhail Klimentyev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Jakarta -

Pemimpin oposisi Rusia, Alexei Navalny mengecam Presiden Vladimir Putin setelah dia memerintahkan mobilisasi 300.000 tentara cadangan ke Ukraina, yang disebutnya sebagai perang kriminal yang gagal. Kritikus Kremlin itu menyebut perintah Putin itu akan mengakibatkan tragedi besar.

"Ini akan mengakibatkan tragedi besar, dalam jumlah besar kematian," kata Navalny yang mengenakan seragam tahanan, yang muncul di pengadilan melalui video-link, dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (21/9/2022).

"Untuk mempertahankan kekuatan pribadinya, Putin menyiksa negara tetangga, membunuh orang-orang di sana dan sekarang mengirim sejumlah besar warga Rusia ke dalam perang ini," cetus musuh utama Putin itu.

"Jelas bahwa perang kriminal yang sedang berlangsung ini semakin dalam dan semakin buruk, dan Putin ingin melibatkan sebanyak mungkin orang," kata Navalny.

Menurut Navalny, Putin ingin menumpahkan darah ratusan ribu orang.

Lewat media sosial, kelompok anti-perang Rusia menyerukan protes jalanan terhadap perintah mobilisasi.

"Ini berarti bahwa ribuan pria Rusia - ayah, saudara laki-laki dan suami kita - akan dilemparkan ke dalam penggiling daging perang," kata koalisi anti-perang Vesna. "Sekarang perang telah datang ke setiap rumah dan setiap keluarga," imbuhnya.

Koalisi tersebut menyerukan warga Rusia untuk turun ke jalan di kota-kota besar pada hari Rabu ini.

Sebelumnya, Putin memerintahkan mobilisasi militer parsial yang merupakan mobilisasi militer pertama Rusia sejak Perang Dunia II.

Simak Video 'Perintah Putin Mobilisasi 300 Ribu Militer ke Ukraina!':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT