ADVERTISEMENT

Elizabeth Tinggalkan Surat untuk Warga Sydney, Baru Bisa Dibuka 2085

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 21 Sep 2022 11:48 WIB
The coffin of Queen Elizabeth II, draped in the Royal Standard, lies inside Westminster Abbey in London on September 19, 2022, ahead of the State Funeral Service. - Leaders from around the world will attend the state funeral of Queen Elizabeth II. The countrys longest-serving monarch, who died aged 96 after 70 years on the throne, will be honoured with a state funeral on Monday morning at Westminster Abbey.
Ratu Elizabeth II saat dimakamkan (Foto: Reuters)
Jakarta -

Ratu Elizabeth II yang baru dimakamkan, dilaporkan meninggalkan sebuah surat rahasia untuk warga Sydney, Australia. Surat yang ditulis oleh Ratu Elizabeth itu terkunci di dalam lemari besi di sebuah gedung bersejarah Sydney dan tidak dapat dibuka selama 63 tahun lagi.

Dilansir dari media 7News.com.au, Rabu (21/9/2022), surat tulisan tangan itu selesai pada November 1986, setelah Gedung Ratu Victoria di CBD Sydney direnovasi. Surat itu ditujukan kepada warga Sydney. Diketahui bahwa semasa hidup, Ratu Elizabeth merupakan kepala negara sejumlah anggota persemakmuran Inggris, termasuk Australia.

Surat itu diletakkan di dalam kotak kaca di area tertutup dan tidak ada yang tahu apa isi surat itu - bahkan tidak pula staf pribadi Ratu.

Namun, satu hal yang diketahui - surat itu baru bisa dibuka pada tahun 2085 mendatang.

Ditujukan kepada Wali Kota Sydney, instruksi surat tersebut berbunyi: "Di hari yang cocok, yang dipilih oleh Anda pada tahun 2085 M, tolong buka amplop ini dan sampaikan kepada warga Sydney pesan saya kepada mereka."

Surat itu hanya ditandatangani, "Elizabeth R."

Elizabeth, yang menjadi Ratu Inggris pada tahun 1952, mengunjungi Australia sebanyak 16 kali -- pertama kalinya pada 2 tahun setelah dia naik takhta. Dia ketika itu baru berusia 27 tahun, dan menjadi ratu pertama yang memerintah yang mengunjungi Australia.

Ratu Elizabeth dan suaminya, Pangeran Philip, kembali ke Australia pada tahun 1963 dan mengunjungi secara teratur negara itu selama beberapa dekade berikutnya.

Simak juga 'Siaran Pemakaman Ratu Elizabeth II Ditonton 26,2 Juta Orang di Inggris':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT