Apa itu Royal Vault? Serba-serbi Tempat Pemakaman Anggota Kerajaan

ADVERTISEMENT

Apa itu Royal Vault? Serba-serbi Tempat Pemakaman Anggota Kerajaan

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 21:35 WIB
Apa itu Royal Vault? Soal Tempat Pemakaman Anggota Kerajaan
Apa itu Royal Vault? Soal Tempat Pemakaman Anggota Kerajaan | Foto: YouTube The Royal Family
Jakarta -

Apa itu Royal Vault? The Royal Vault adalah ruang pemakaman jauh di bawah altar Kapel St George, di dalam halaman Kastil Windsor. Royal Vault adalah tempat para anggota Kerajaan Inggris dikebumikan.

Seperti diketahui, Ratu Elizabeth meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) lalu dan telah dimakamkan pada Senin (19/9/2022). Jenazah Ratu Elizabeth II telah dimakamkan dalam seremoni privat di Kapel Memorial Raja George VI yang ada di kompleks Kastil Windsor. Jenazah Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth, yang tadinya dimakamkan di Royal Vault dipindahkan untuk bisa dimakamkan bersama dengan istrinya.

Lantas, apa itu Royal Vault? Di mana dan siapa saja yang dikubur di Royal Vault? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa itu Royal Vault?

Apa itu dan di mana Royal Vault? Dilansir Express.co.uk, The Royal Vault adalah ruang pemakaman jauh di bawah altar Kapel St George, di dalam halaman Kastil Windsor. The vault atau kubah itu berjarak sekitar 16 kaki (lima meter) di bawah tanah.

Kubah tersebut adalah ruang berlapis batu dengan panjang 70 kaki (21 meter) dan lebar 28 kaki (delapan meter). Pintu masuknya pun ditutup oleh gerbang besi. Di dalam Royal Vault ada cukup ruang untuk menampung 44 mayat. Ada 32 peti mati disusun di rak-rak yang dibangun di dinding batu, sedangkan 12 sisanya berada di tengah lemari besi.

Selama pemakaman, lempengan lantai di Kapel St George diangkat untuk menyediakan akses ke lemari besi bawah tanah. Peti mati kemudian diturunkan melalui lubang di lantai melalui lift listrik. Setelah lift mencapai bagian bawah poros, peti mati dipindahkan secara manual ke koridor ke dalam lemari besi, sebelum dikebumikan baik di salah satu rak atau alas tengah.

Pada tahun 1804, Raja George III memerintahkan pembangunan The Royal Vault. Konstruksinya selesai pada tahun 1810. Raja George III adalah Raja Inggris pertama yang dikebumikan di lemari besi The Royal Vault setelah kematiannya pada tahun 1820.

Apa itu Royal Vault? Soal Tempat Pemakaman Anggota KerajaanApa itu Royal Vault? Soal Tempat Pemakaman Anggota Kerajaan | Foto: YouTube The Royal Family

Siapa saja yang Dikubur di Royal Vault?

Tentang apa itu Royal Vault yang berada di Kapel St George adalah menjadi tempat pemakaman yang dipilih untuk Keluarga Kerajaan Inggris sejak abad ke-15. Termasuk di antara para bangsawan yang telah dimakamkan di sana adalah Raja Henry VIII, Raja Charles I dan Raja Edward VII.

The vault atau semacam lemari besi berfungsi sebagian sebagai tempat peristirahatan permanen. Namun ada juga beberapa bangsawan yang sebelumnya telah ditempatkan di sana untuk sementara waktu kemudian dipindahkan ke tempat peristirahatan terakhir di tempat lain, seperti halnya dengan Pangeran Philip.

Saat ini, ada 25 anggota Keluarga Kerajaan Inggris yang dimakamkan di Royal Vault, yang terdiri dari Raja Inggris, istri kerajaan, dan anak-anak.

Berikut daftar anggota Kerajaan Inggris yang dikubur di Royal Vault:

  • Putri Amelia, putri Raja George III, yang meninggal pada usia 27 tahun pada tahun 1810
  • Putri Augusta, saudara perempuan George III, dikebumikan pada tahun 1813
  • Putri Charlotte, putri Raja George IV, dan putranya yang lahir mati dikebumikan pada tahun 1817
  • Ratu Charlotte, istri George III dikebumikan pada tahun 1818
  • Putri yang lahir mati dari putra George III, Pangeran Ernest Augustus, dikebumikan pada tahun 1818
  • George III dan Pangeran Edward, Adipati Kent, dikebumikan pada tahun 1820
  • Putra George III, Pangeran Alfred, yang meninggal pada tahun 1782, dan Pangeran Octavius, yang meninggal pada tahun 1783, dipindahkan ke Royal Vault pada tahun 1820 untuk beristirahat bersama ayah mereka
  • Putri Elizabeth, putri William IV, dikebumikan pada tahun 1821
  • Pangeran Frederick, Adipati York dan putra George III, dikebumikan pada tahun 1827
  • George IV dan William IV ditempatkan di Royal Vault setelah kematian mereka pada tahun 1830 dan 1837
  • Putri Sophia dikebumikan pada tahun 1840
  • Ratu Adelaide, istri William IV, dikebumikan pada tahun 1849
  • Pangeran Frederick dari Schleswig-Holstein, cucu Ratu Victoria, dikebumikan pada tahun 1876
  • Raja George V dari Hanover yang diasingkan, cucu George III, dikebumikan di Royal Vault setelah kematiannya pada tahun 1878
  • Victoria von Pawel Rammingen, cucu perempuan George V, dikebumikan pada tahun 1881
  • Putri Frederica dari Hanover dikebumikan pada tahun 1927
  • Putri Mary Adelaide, Cucu Perempuan Teck dan George III dikebumikan pada tahun 1897
  • Pangeran Francis, Adipati Teck, dikebumikan pada tahun 1900
  • Pangeran Adolphus, Adipati Cambridge, dan istrinya, Putri Augusta, Duchess of Cambridge dipindahkan dari tempat peristirahatan asli mereka ke Royal Vault pada tahun 1930
  • Pangeran Philip dikebumikan di lemari besi pada 17 April 2021 (sekarang dipindah bersama makam istrinya, Ratu Elizabeth II).

Apakah Ratu Elizabeth II Dikubur di Royal Vault?

Diketahui, Ratu Elizabeth II tidak dikebumikan di The Royal Vault. Kenapa Ratu Elizabeth II tidak dikubur di Royal Vault? Seperti dilansir CNN, Ratu Elizabeth II disemayamkan di Kapel Memorial Raja George VI yang ada di kompleks Kastil Windsor, London, Inggris. Jenazah Ratu Elizabeth II dimakamkan bersama dengan mendiang suami (Pangeran Philip), orang tua (Raja George VI dan Ratu Elizabeth The Queen Mother), dan saudarinya (Putri Margaret).

Jenazah Pangeran Philip, Duke of Edinburgh yang sebelumnya ada di Royal Vault, dilaporkan juga telah dipindahkan ke Kapel Memorial Raja George VI, yang mana masih berada di dalam Kapel St George.

Demikian penjelasan tentang apa itu Royal Vault yang merupakan tempat pemakaman para anggota Kerajaan Inggris.

(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT