Tentang Royal Vault, Peristirahatan Terakhir Keluarga Kerajaan Inggris

ADVERTISEMENT

Tentang Royal Vault, Peristirahatan Terakhir Keluarga Kerajaan Inggris

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 14:40 WIB
The coffin proceeds to St. Georges Chapel at Windsor Castle, Windsor, England, Monday Sept. 19, 2022, ahead of the committal service for Queen Elizabeth II. The Queen, who died aged 96 on Sept. 8, will be buried at Windsor alongside her late husband, Prince Philip, who died last year. (Ryan Pierse/Pool via AP)
Momen jenazah Ratu Elizabeth II dibawa ke Kapel St George di kompleks Kastil Windsor (Ryan Pierse/Pool via AP)
London -

Jenazah Ratu Elizabeth II sempat diturunkan ke dalam Royal Vault saat prosesi pemakaman terakhir digelar di Kapel St George, kompleks Kastil Windsor, Inggris, Senin (19/9). Namun kemudian jenazahnya dipindahkan ke Kapel Memorial Raja George VI yang menjadi tempat peristirahatan terakhirnya.

Jenazah suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip, yang meninggal dunia pada April tahun lalu juga diketahui dimakamkan di Royal Vault, sebelum ikut dipindahkan ke Kapel Memorial Raja George VI agar bisa dimakamkan secara berdampingan dengan istrinya.

Meskipun Ratu Elizabeth II dan suaminya tidak dimakamkan selamanya di sana, Royal Vault dikenal sebagai tempat peristirahatan terakhir banyak Raja dan Ratu Inggris lainnya. Apa itu Royal Vault? Di mana lokasinya dan seperti apa bentuknya?

Seperti dilansir Express.co.uk, Selasa (30/9/2022), Royal Vault merupakan ruang pemakaman bawah tanah yang terletak di bawah altar Kapel St George, yang ada di halaman Kastil Windsor. Ruangan itu tepatnya berlokasi sekitar lima meter di bawah tanah.

Royal Vault merupakan ruangan bawah tanah dengan dinding berlapis bebatuan, yang panjangnya mencapai 21 meter dan lebarnya delapan meter. Pintu masuknya ditutup oleh sebuah gerbang besi.

Di dalam ruangan itu, ada cukup ruangan untuk menyimpan 44 jenazah. Sebanyak 32 peti mati disusun di celah-celah berbentuk rak yang dibangun pada dinding batu Royal Vault, sedangkan 12 peti mati lainnya diletakkan di tengah-tengah ruangan.

Saat seremoni pemakaman dilakukan, salah satu lempengan lantai di Kapel St George diangkat untuk membuka akses ke ruangan bawah tanah. Peti jenazah kemudian diturunkan ke dalam lubang akses yang ada di lantai itu dengan menggunakan lift elektrik.

Simak video 'Sederet Warisan dari Ratu Elizabeth II untuk Raja Charles III':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT