Gempa M 7,4 Guncang Meksiko, Satu Orang Tewas

ADVERTISEMENT

Gempa M 7,4 Guncang Meksiko, Satu Orang Tewas

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 20 Sep 2022 04:08 WIB
Seismograph with paper in action and earthquake - 3D Rendering
Ilustrasi gempa (Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)
Meksiko -

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 7,4 mengguncang Meksiko barat pada Senin. Satu orang dilaporkan tewas akibat gempa tersebut.

Dilansir AFP, Selasa (20/9/2022), badan seismologi nasional melaporkan gempa itu berkekuatan 7,4 dengan kedalaman 15 kilometer (sembilan mil), sedangkan Survei Geologi Amerika Serikat memperkirakan besarnya 7,6.

"Kupikir aku akan terkena serangan jantung!" kata Gabriela Ramirez, 58, salah satu dari banyak penduduk di seluruh kota yang bergegas turun ke jalan.

Pusat gempa terletak di dekat pantai Pasifik, sekitar 400 kilometer barat ibukota dan 59 kilometer (37 mil) selatan Coalcoman di negara bagian Michoacan, menurut seismolog.

Satu orang tewas akibat puing-puing yang jatuh di Manzanillo di negara bagian barat Colima, kata Presiden Andres Manuel Lopez Obrador di Twitter.

Diyakini tidak ada kerusakan serius di Mexico City, katanya. Peristiwa ini disebut gempa besar ketiga yang tercatat melanda Meksiko pada hari 19 September.

Alarm gempa peringatan dini Mexico City berbunyi kurang dari satu jam setelah ibu kota mengadakan latihan darurat sebagai bagian dari acara untuk menandai bencana tahun 1985 dan 2017.

"Rasanya mengerikan. Kami turun begitu merasakannya, ketika alarm berbunyi," kata Karina Suarez, 37, setelah mengevakuasi gedung tempat dia tinggal di ibu kota.

Simak Video 'Meksiko Diguncang Gempa M 7,6, Warga Berhamburan!':

[Gambas:Video 20detik]




(eva/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT