Kisah Mahasiswa Jalan Kaki 14 Jam Demi Melayat Ratu Elizabeth

ADVERTISEMENT

Kisah Mahasiswa Jalan Kaki 14 Jam Demi Melayat Ratu Elizabeth

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 19 Sep 2022 12:25 WIB
Jenazah Ratu Elizabeth II telah disemayamkan di Westminster Hall, London, Inggris. Antrean warga yang ingin memberikan penghormatan terakhir pun mengular panjang.
Panjangnya antrean warga yang ingin memberikan penghormatan terakhir untuk Ratu Elizabeth II (dok. AP Photo/Felipe Dana)

Saat akhirnya menginjakkan kaki di dalam Westminster Hall, Soh berusaha menenangkan dirinya dengan energi yang tersisa, mengingat itulah momen yang dia nantikan sepanjang hari.

"Saya tidak pernah membayangkan memiliki emosi yang meluap di dalam aula itu. Ada begitu banyak orang di sana, dan ketika Anda melihat pada catafalque (podium untuk peti jenazah) dan semua di sekitarnya, Anda merasa sangat kagum atas pencapaian Ratu selama bertahun-tahun," tuturnya.

Usai memberikan penghormatan terakhir untuk Ratu Elizabeth II, perjalanan panjang Soh belum usai. Tantangan lainnya muncul saat stasiun kereta bawah tanah yang ditumpangi Soh dipenuhi penumpang hingga membeludak. Banyak ruas jalanan ditutup sehingga tidak banyak rute alternatif yang bisa ditempuh.

"Kami harus menggunakan rute alternatif karena orang-orang memenuhi jalanan yang membua kita sulit berjalan," ucapnya.

Soh menyebut seluruh perjalanan yang ditempuhnya menjadi upaya khusus, mulai dari awal hingga akhir, namun dia mengakui sangat luar biasa untuk melihat bagaimana kematian Ratu Elizabeth II bisa memicu emosi luar biasa selama berhari-hari.


(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT