Siapa Raja Inggris Sekarang? Ini Sosok Raja Charles III

ADVERTISEMENT

Siapa Raja Inggris Sekarang? Ini Sosok Raja Charles III

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Minggu, 18 Sep 2022 18:31 WIB
Siapa Raja Inggris Sekarang? Ini Sosok Raja Charles III
Siapa Raja Inggris Sekarang? Ini Sosok Raja Charles III | Foto: DW (News)
Jakarta -

Siapa Raja Inggris sekarang? Raja Inggris sekarang adalah Raja Charles III. Charles adalah anak sulung Ratu Elizabeth II yang kini dinobatkan sebagai pemimpin kerajaan Inggris menggantikan sang ibu yang meninggal dunia sepekan lalu lalu.

Pangeran Charles telah resmi menjadi Raja Charles III dalam seremoni aksesi yang digelar di Istana St James, London, pada Sabtu (10/9) waktu setempat. Seremoni tersebut mengakui kedaulatannya sebagai Raja Charles III yang akan memimpin Kerajaan Inggris dan persemakmurannya

Lantas, siapa itu Raja Charles III? Untuk mengenal lebih lanjut tentang sosok siapa Raja Inggris sekarang, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Profil Raja Charles III, Raja Inggris Sekarang

Raja Charles III adalah Raja Inggris saat ini. Mengutip dari situs Britannica, berikut ini pemaparan informasi tentang profil Raja Charles III yang kini menyandang gelar sebagai Raja Inggris.

  • Nama Lengkap: Charles Philip Arthur George
  • Tempat, Tanggal Lahir: London, 14 November 1948
  • Umur: 73 tahun
  • Kedudukan: King of United Kingdom/ Raja Britania Raja/ Raja Inggris
  • Gelar: Raja Charles III
  • Pasangan: Camilla Rosemary Shand (Queen Consort of United Kingdom/ Permaisuri Inggris)
  • Mantan Istri: Diana Frances Spencer/ Lady Diana (1981-1996)
  • Ibu: Ratu Elizabeth II
  • Ayah: Pangeran Philip, Adipati Edinburgh
  • Anak-anak: Pangeran William dan Pangeran Harry
Siapa Raja Inggris Sekarang? Ini Sosok Raja Charles IIISiapa Raja Inggris Sekarang? Ini Sosok Raja Charles III Foto: WireImage/Karwai Tang

Sosok Raja Charles III: Riwayat Pendidikan

Raja Charles III menjadi raja Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara mulai tanggal 8 September 2022. Dia adalah anak tertua dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Adipati Edinburgh.

Raja Charles III menempuh pendidikan di Trinity College, Cambridge, pada tahun 1967, usai sekolah swasta di di Istana Buckingham dan di London, Hampshire, dan Skotlandia. Dia pun mengambil gelar sarjana di sana pada tahun 1971.

Selanjutnya, Raja Charles III mengikuti sekolah penerbangan yakni Royal Air Force College dan Royal Naval College, Dartmouth. Dari tahun 1971 hingga 1976, ia telah melakukan tur tugas dengan Angkatan Laut Kerajaan.

Pada tahun 1992, Raja Charles III mendirikan Institut Arsitektur Prince of Wales, yang kemudian berkembang menjadi BRE Trust. Sebuah organisasi yang terlibat dengan proyek regenerasi dan pembangunan perkotaan.

Pernikahan Raja Charles III dengan Lady Diana

Pada 29 Juli 1981, Raja Charles III menikahi Lady Diana Frances Spencer, putri Earl Spencer ke-8. Pasangan Raja Charles III dan Diana dikaruniai dua anak. Anak pertama mereka, Pangeran William dari Wales, lahir pada 21 Juni 1982. Anak kedua mereka, Pangeran Henry Charles Albert David (dikenal sebagai Harry), lahir pada 15 September 1984.

Pada 9 Desember 1992, diumumkan bahwa Raja Charles III dan Diana telah memutuskan untuk berpisah tetapi akan terus memenuhi tugas publik mereka dan untuk berbagi tanggung jawab membesarkan putra-putra mereka. Kemudian pada 28 Agustus 1996, pasangan Raja Charles III dan Diana resmi bercerai. Setahun kemudian, Lady Diana meninggal dalam kecelakaan mobil.

Selanjutnya, pada 9 April 2005, Charles menikah dengan Camilla Parker Bowles (lahir 1947). Setelah menikah dengan Charles, Camilla memperoleh gelar Duchess of Cornwall. Kini, usia Charles jadi Raja Inggris, Camilla bergelar Permaisuri Inggris.

Resmi Jadi Raja Inggris Sekarang

Setelah kematian sang ibu, Ratu Elizabeth II (1926-2022), Raja Charles III sebagai pewaris takhta kerajaan Inggris kini resmi menjadi pemimpin kerajaan Inggris menggantikan ibunya. Sebagai Raja Inggris, dia menyandang gelar Raja Charles III.

Pada 9 September 2022, Raja Charles III pun menyampaikan pidato pengukuhannya. Dalam pidato yang disiarkan televisi itu Raja Charles III memberikan penghormatan kepada ibunya dan berjanji "sepanjang waktu yang tersisa yang Tuhan berikan kepada saya, untuk menegakkan prinsip-prinsip Konstitusional di jantung bangsa kita."

Demikian informasi tentang siapa Raja Inggris sekarang yakni Raja Charles III.

Simak juga Video: Momen Raja Charles III dan Pangeran William Datangi Antrean Pelayat

[Gambas:Video 20detik]




(wia/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT