ADVERTISEMENT

Bertemu di Uzbekistan, Xi Tolak Makan Malam Bareng Putin-Erdogan!

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 16 Sep 2022 15:22 WIB
Chinese President Xi Jinping, left, and Russian President Vladimir Putin pose for a photo on the sidelines of the Shanghai Cooperation Organization (SCO) summit in Samarkand, Uzbekistan, Thursday, Sept. 15, 2022. (Alexandr Demyanchuk, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin saat menghadiri forum SCO di Uzbekistan (Alexandr Demyanchuk, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Tashkent -

Presiden China Xi Jinping menolak untuk makan malam bersama Presiden Rusia Vladimir Putin dan para pemimpin asing lainnya yang menghadiri pertemuan forum keamanan regional di Uzbekistan. Xi juga dilaporkan tidak ikut foto bersama dengan para kepala negara yang hadir.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (16/9/2022), Xi menghadiri pertemuan forum Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) yang dipimpin China dan Rusia, pekan ini, di kota Samarkand, Uzbekistan. Itu menjadi kunjungan ke luar negeri pertama yang dilakukan Xi sejak pandemi virus Corona (COVID-19) merajalela.

Seorang sumber dalam pemerintahan Uzbekistan menuturkan kepada Reuters bahwa Xi tidak menghadiri jamuan makan malam yang dihadiri 11 kepala negara yang menghadiri forum SCO, termasuk Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Menurut sumber yang sama, Xi juga absen dari foto-foto bersama atau group photo yang dipublikasikan pada Kamis (15/9) malam.

Seorang sumber pemerintahan Uzbekistan mengonfirmasi tidak hadirnya Xi dalam jamuan makan malam itu. Diungkapkan sumber itu bahwa delegasi China menyebut kebijakan COVID-19 sebagai alasannya.

Di Beijing, Kementerian Luar Negeri China tidak memberikan tanggapan atas laporan itu.

Xi yang kini berusia 69 tahun akan mengamankan masa jabatan ketiga, yang bersejarah, dalam kongres Partai Komunis China yang digelar mulai bulan depan. Hal itu akan mengukuhkan Xi sebagai pemimpin China paling kuat sejak Mao Zedong.

Lihat juga video 'Kanselir Jerman: Putin Nggak Sadar, Memulai Perang Adalah Kesalahan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT