Senat AS Setujui RUU Bantuan Militer ke Taiwan, China Berang!

ADVERTISEMENT

Senat AS Setujui RUU Bantuan Militer ke Taiwan, China Berang!

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 15 Sep 2022 17:29 WIB
Flags of Taiwan and U.S. are placed for a meeting in Taipei, Taiwan March 27, 2018. REUTERS/Tyrone Siu/File Photo
Ilustrasi bendera Taiwan dan AS (REUTERS/Tyrone Siu/File Photo)
Washington DC -

Senat Amerika Serikat (AS) mengambil langkah pertama yang akan membuat AS bisa secara langsung memberikan bantuan militer senilai miliaran dolar Amerika untuk Taiwan. Hal itu menuai protes keras dari China, yang menganggap Taiwan sebagai bagian wilayah kedaulatannya.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Kamis (15/9/2022), dengan dukungan dari kedua partai dalam parlemen AS -- Partai Demokrat dan Partai Republik, Komisi Hubungan Luar Negeri Senat AS menyetujui Rancangan Undang-undang (RUU) Kebijakan Taiwan, dengan perolehan 17 suara mendukung dan 5 suara menolak.

AS diketahui selama bertahun-tahun telah menjual persenjataan ke Taiwan, namun RUU itu akan memungkinkan AS untuk melangkah lebih jauh dengan memberikan bantuan militer senilai US$ 4,5 miliar dalam kurun waktu empat tahun.

Langkah itu jelas akan membuat marah China. Terlebih, RUU itu juga mengatur penjatuhan sanksi untuk China, jika negara itu menggunakan kekuatannya untuk merebut wilayah Taiwan.

RUU itu disetujui Komisi Hubungan Luar Negeri Senat AS di tengah meningkatnya kekhawatiran bagi Taiwan setelah Rusia menginvasi Ukraina dan menyusul kunjungan kontroversial Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei, yang memicu kemarahan Beijing hingga menggelar latihan militer besar-besaran.

Selanjutnya, RUU itu masih harus disetujui sepenuhnya oleh seluruh Senator AS dan anggota DPR AS untuk bisa diberlakukan. Gedung Putih belum menyatakan apakah Presiden Joe Biden akan meneken RUU itu nantinya, untuk memberlakukannya secara resmi.

Apa tanggapan China? Simak di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT