Dampak Gempa M 7,5 Ngeri hingga Tewaskan 7 Orang di Papua Nugini

ADVERTISEMENT

Dampak Gempa M 7,5 Ngeri hingga Tewaskan 7 Orang di Papua Nugini

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 12 Sep 2022 23:01 WIB
Seismograph with paper in action and earthquake - 3D Rendering
Ilustrasi gempa (Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)
Jakarta -

Gempa dengan magnitudo (M) 7,5 mengguncang Papua Nugini dan terasa hingga Jayapura di Provinsi Papua, Indonesia. Gempa itu menewaskan tujuh orang di Papua Nugini.

BMKG menyatakan gempa tersebut terjadi pada Minggu (11/9/2022) pukul 06.47 WIB. Pusat gempa berada di darat dengan jarak 352 km barat laut dari Port Moresby, Papua Nugini.

"Gempa ini dirasakan (MMI): II-III Merauke, II Jayapura, II Wamena," tulis BMKG.

Skala II MMI artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara skala III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah dan seakan-akan ada truk berlalu.

Sempat Ada Peringatan Tsunami

The US Geological Survey (USGS) sempat mengeluarkan peringatan tsunami. USGS melaporkan gempa di Papua Nugini itu berkekuatan M 7,6.

Dilansir dari AFP dan Reuters, Minggu (11/9), USGS, situs yang melaporkan terjadinya gempa, sempat mengeluarkan peringatan tsunami.

USGS saat itu mencatat ada kemungkinan "fluktuasi permukaan laut kecil di beberapa wilayah pesisir". USGS menyebut gempa ini terjadi pada kedalaman 61 kilometer, sekitar 67 kilometer dari kota Kainantu. Papua Nugini sendiri terletak di 'Cincin Api' Pasifik yang menyebabkan sering mengalami gempa bumi.

Gempa yang dirasakan hingga Jayapura ini dilaporkan mengakibatkan kerusakan bangunan di dekat Kota Madang, Papua Nugini. Penduduk setempat di Madang yang berbicara kepada AFP mengatakan mereka merasakan "guncangan yang sangat kuat". Ada laporan kerusakan bangunan.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT