Bentrok Antarsuku di Kongo Gegara Sengketa Tanah, 18 Orang Tewas

ADVERTISEMENT

Bentrok Antarsuku di Kongo Gegara Sengketa Tanah, 18 Orang Tewas

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 29 Agu 2022 02:42 WIB
Bentrokan Muslim di Kongo Saat Lebaran, Satu Polisi Tewas
Ilustrasi bentrokan di Kongo (Foto: Reuters)
Kikwit -

Pertempuran antarsuku di Kongo yakni suku Yaka dan Teke terjadi di awal Agustus ini. Pemerintah Kongo melaporkan, ada 18 orang yang tewas sejak bentrokan kedua suku tersebut pecah.

Dilansir dari AFP, Senin (29/8/2022), pertempuran antara suku Yaka dan Teke terjadi karena sengketa pajak dan tanah. Anggota komunitas Teke menganggap diri mereka sebagai penduduk asli desa-desa yang tersebar lebih dari 200 kilometer (124 mil) di sepanjang Sungai Kongo.

Pada awal Agustus terjadi baku tembak dengan komunitas Yaka, yang kemudian menetap di kota Kwamouth, sekitar 100 kilometer dari ibu kota Kinshasa.

"Dalam konflik antara Yaka dan Teke di provinsi Mai-Ndombe, 18 orang tewas, termasuk sembilan di pihak Yaka dari Masia, termasuk kepala negara dan istrinya," kata Menteri Kebudayaan Catherine Kathungu di berita acara Dewan Menteri.

"175 rumah dibakar dan senjata AK47 milik elemen Polisi Nasional Kongo dibawa pergi oleh penyerang Teke," tambahnya.

Gubernur Provinsi Mai-Ndombe, Rita Bola mengatakan Kota Kwamouth saat ini dalam kondisi yang kondusif.

"Tentara sekarang dikerahkan untuk mengamankan penduduk," ucap Bola.

Presiden Komisi Keadilan dan Perdamaian keuskupan Inongo di Mai-Ndombe, Abbe Felicien Boduka menyebut anggota komunitas Yaka telah menolak untuk membayar royalti adat kepada kepala adat Teke.

"Kami Yaka tidak lagi ingin membayar pajak ini karena Konstitusi mengizinkan orang Kongo untuk menetap dengan bebas di mana saja di wilayah nasional," kata Gregoire Losoto, seorang pekerja pembangunan yang meninggalkan ladang singkong dan kolam ikannya di Kwamouth kepada AFP.

"Situasi memburuk pada Agustus karena Yaka mengangkat kepala adat mereka untuk menggantikan mantan kepala adat Teke," tambahnya.

(fas/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT