ADVERTISEMENT

Prahara Berdarah Irjen Ferdy Sambo Diulas hingga Mancanegara

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 12 Agu 2022 07:45 WIB
Apa Itu Yanma Polri? Tempat Dinas Baru Irjen Ferdy Sambo dkk
Irjen Ferdy Sambo (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Ditetapkannya Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka pembunuhan disorot media asing. Insiden tewasnya Brigjen Nofriansyah Yoshua Hutabarat ternyata tidak hanya disorot di dalam negeri saja.

Dalam kasus ini, diketahui ada empat tersangka saat ini. Salah satu tersangkanya adalah Irjen Ferdy Sambo yang merupakan atasan Brigjen Yoshua.

Kemudian ada tiga tersangka lainnya yang merupakan rekan Yoshua yakni sama-sama menjadi anak buah Irjen Sambo. Tiga tersangka lainnya adalah Bharada Richard Eliezer, Brigadir Ricky Rizal, dan satu orang sipil yang merupakan sopir bernama Kuat Ma'ruf.

Adapun aktor utama dalam kasus ini adalah Irjen Sambo menyuruh untuk melakukan dan menskenariokan pembunuhan itu. Sedangkan yang menembak Yoshua adalah Richard Eliezer.

Berikut peran tersangka yang diungkap Kabareskrim Komjen Agus Andrianto:

1. Peran Bharada RE adalah telah melakukan penembakan terhadap korban yakni Brigadir J.

2. Peran Bripka RR adalah turut membantu dan menyaksikan insiden penembakan korban.

3. Tersangka KM adalah juga turut dalam membantu dan menyaksikan penembakan terhadap korban.

4. Peran Irjen Ferdy Sambo adalah telah menyuruh melakukan dan menskenario kejadian-kejadian dalam kasus tersebut seolah-olah terjadi peristiwa tembak-menembak.

Keempatnya disangkakan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan 56 KUHP.

Disorot Media Asing

Kasus ini menarik perhatian dalam negeri dan luar negeri. Ada lebih dari satu media asing yang memberitakan Irjen Sambo.

Dilihat detikcom, Kamis (11/8/2022), media asing yang memberitakan perihal penetapan tersangka Ferdy Sambo mulai dari media asal Singapura, Australia, hingga Inggris.

Channel News Asia dari Singapura membuat berita berjudul 'Jenderal Polisi Indonesia Dijerat Pembunuhan Berencana terhadap Pengawal'. Berita tersebut memuat pernyataan Kapolri Jenderal listyo Sigit Prabowo yang menetapkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka. Mereka juga menuliskan momen jumpa pers Kapolri yang didampingi enam jenderal polisi.

Kemudian, media Australia, The Sydney Morning Herald, membuat headline 'Jenderal Dijerat Kasus Pembunuhan dalam Babak Baru Kasus Pengawal'.

Sementara, media asal Inggris, Daily Star, membuat berita dengan judul 'Polisi top menghadapi hukuman mati karena memerintahkan pembunuhan pengawal sendiri'. Mereka menuliskan bahwa Irjen Ferdy Sambo diduga melakukan pembunuhan terhadap pengawalnya sendiri karena 'menganiaya istrinya dan mengancam akan membunuhnya'.

Ada juga media South China Morning Post, Malaysia The Star, dan Straits Times dari Singapura menulis laporan serupa terkait kasus tewasnya Brigadir J.

Simak video 'Tanda Tanya Motif Irjen Sambo Habisi Nyawa Brigadir Yoshua':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT