ADVERTISEMENT

Militer AS Sebut 4 Jihadis Tewas dalam Serangan Udara di Somalia

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 11 Agu 2022 02:03 WIB
Amerika Serikat mengirimkan senjata canggih untuk memperkuat Ukraina melawan Rusia. Salah satu senjata yang dikirim adalah sistem roket canggih M142 HIMARS.
Ilustrasi (Foto: AFP/Fadel Senna)
Mogadishu -

Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa pihaknya melakukan tiga serangan udara di utara ibu kota Somalia, Mogadishu. Serangan itu menewaskan empat pejuang dari kelompok Islam Al-Shabaab.

Dilansir AFP, Kamis (11/8/2022, Komando Afrika AS mengatakan serangan itu terjadi Selasa di Beledweyne, 350 kilometer (220 mil) utara Mogadishu. Gerilyawan dari kelompok yang memiliki hubungan dengan tentara Somalia itu juga terikat dengan Al-Qaeda.

Africom mengatakan bahwa indikasi awal adalah tidak ada warga sipil yang tewas atau terluka dalam operasi tersebut.

Al-Shabaab telah memimpin pemberontakan terhadap pemerintah federal Somalia selama 15 tahun. Pejuang kelompok itu diusir dari Mogadishu pada 2011 oleh pasukan Uni Afrika.

Namun, kelompok itu masih menguasai petak-petak pedesaan dan sering menyerang sasaran sipil dan militer. Serangannya telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Pada bulan Mei, Presiden AS Joe Biden memerintahkan pembentukan kembali kehadiran pasukan AS di Somalia untuk membantu pemerintah setempat memerangi Al-Shabaab, membalikkan keputusan pendahulunya Donald Trump untuk menarik sebagian besar pasukan AS.

(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT