5 Fakta Banjir Parah di Seoul Korsel hingga Jatuh Korban Jiwa

ADVERTISEMENT

5 Fakta Banjir Parah di Seoul Korsel hingga Jatuh Korban Jiwa

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 22:38 WIB
Wartawan Yonhap Terjebak Banjir di Seoul
Banjir di Korea Selatan (Twitter @AntonHur)

4. Korut buka bendungan

Entah ada hubungan kausalitas atau tidak, yang jelas Korea Utara membuka bendungan saat hujan deras mengguyur Korea. Air mengalir dari utara ke selatan.

"Saat hujan turun dengan deras di Korea Utara, Korea Utara berulang kali membuka dan menutup pintu air di Bendungan Hwanggang," tutur seorang pejabat Kementerian Unifikasi Korsel, yang tidak disebut namanya, seperti dilansir kantor berita Korsel, Yonhap, Selasa (9/8/2022).

"Sepertinya (Korea Utara-red) sedang menyesuaikan ketinggian air di Bendungan Hwanggang berdasarkan situasi curah hujan," sebut pejabat Kementerian Unifikasi itu dalam pernyataan disampaikan pada Senin (8/8) malam waktu setempat, saat Seoul dan sekitarnya tengah dilanda banjir parah.

Biasanya diperlukan waktu antara empat hingga lima jam untuk air yang dilepaskan dari bendungan yang terletak di bagian atas Sungai Imjin untuk mencapai Bendungan Gunnam di kota perbatasan Yeoncheon, Korsel, yang berjarak 62 kilometer di sebelah utara Seoul.

5. Trending di Twitter

Banjir di Korsel ini menjadikan kata 'Seoul' dan 'Gangnam' menjadi trending topic di Twitter. Banyak pula video dan gambar viral soal banjir ini yang beredar di media sosial.


(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT