ADVERTISEMENT

Dilanda Banjir Parah, Seoul Alami Curah Hujan Tertinggi dalam 80 Tahun

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 09 Agu 2022 14:31 WIB
Seoul -

Curah hujan tertinggi dalam 80 tahun yang mengguyur Korea Selatan (Korsel) telah memicu banjir parah di ibu kota Seoul dan sekitarnya. Korban tewas akibat banjir parah ini dilaporkan bertambah menjadi delapan orang.

Seperti dilansir kantor berita Yonhap, Selasa (9/8/2022), rumah-rumah warga, gedung-gedung setempat dan stasiun kereta bawah tanah terendam banjir cukup tinggi pada Senin (8/8) malam waktu setempat. Bahkan kendaraan-kendaraan juga ikut terendam banjir yang melumpuhkan ruas jalanan setempat.

Banjir yang melanda Seoul ini terjadi setelah hujan deras mengguyur dengan curah hujan yang mencetak rekor tertinggi dalam 80 tahun terakhir di negara itu.

Sebagian wilayah Seoul, kemudian kota pelabuhan Incheon dan Gyeonggi yang mengelilingi Seoul, diguyur hujan deras dengan curah hujan melebihi 100 milimeter per jam sepanjang Senin (8/8) malam.

Curah hujan per jam di distrik Dongjak, Seoul, dilaporkan melampaui angka 141,5 milimeter pada satu titik. Angka itu tercatat sebagai curah hujan tertinggi per jam di Korsel sejak tahun 1942 silam.

Badan Meteorologi Korea (KMA) menyatakan hujan dengan curah hujan mencapai 300 milimeter diperkirakan masih akan mengguyur area Seoul dan sekitarnya hingga Kamis (11/8) mendatang. Curah hujan di Provinsi Gyeonggi diperkirakan KMA bisa melampaui angka 350 milimeter.

Korban tewas akibat hujan deras yang memicu banjir dan longsor ini dilaporkan bertambah menjadi delapan orang. Data pemerintah Korsel menyebut lima orang tewas di area Seoul dan tiga oang lainnya tewas di Provinsi Gyeonggi.

Enam orang lainnya dilaporkan masih hilang, dengan rincian empat orang hilang di Seoul dan dua orang lainnya hilang di Gyeonggi.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT