ADVERTISEMENT

Sudan Laporkan Kasus Cacar Monyet Pertama, Pasien Berusia 16 Tahun

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 02 Agu 2022 04:03 WIB
Male doctor holding monkeypox vaccine.
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/kemalbas)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan Sudan melaporkan kasus cacar monyet pertama di negaranya. Cacar monyet itu menginfeksi seorang siswa berusia 16 tahun.

"Kemenkes mendaftarkan kasus cacar monyet pertama yang dikonfirmasi pada seorang siswa berusia 16 tahun di negara bagian Darfur Barat di Sudan," kata Kementerian Kesehatan Sudan seperti dilansir AFP, Senin (1/8/2022).

Tidak dijelaskan jenis kelamin dari pasien tersebut.

Direktur pengendalian epidemi, Montaser Othman, mengatakan ada sekitar 38 'kasus suspek' lainnya. Akan tetapi semuanya dites negatif untuk virus tersebut.

Dia menambahkan investigasi sedang dilakukan oleh kementerian kesehatan federal dan negara bagian untuk menentukan sumber infeksi.

Negara Afrika timur laut yang miskin itu sangat rentan karena layanan kesehatan masyarakatnya yang buruk.

Menurut badan anak-anak PBB UNICEF, hanya 70 persen dari 45 juta penduduk yang memiliki "akses ke fasilitas kesehatan dalam waktu 30 menit perjalanan dari rumah mereka" di Sudan. Sementara 13 dari 18 negara bagian menderita wabah penyakit yang ditularkan melalui vektor pada tahun 2021.

Bulan lalu WHO menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Hal itu alarm tertinggi yang bisa dibunyikan.

(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT