ADVERTISEMENT

New York Tetapkan Wabah Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan!

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 31 Jul 2022 16:24 WIB
Cacar Monyet Menjadi Darurat Global. Bagaimana Gejalanya, Cara Penularannya dan Apakah Bisa Disembuhkan?
Foto: Cacar monyet (ABC Australia)
New York -

Pejabat Kota New York menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat pada hari Sabtu (30/7/2022). Dengan ini, New York akan segera menerapkan langkah-langkah demi menghambat penularan wabah ini.

"Kami memperkirakan sekitar 150.000 warga New York saat ini berisiko terkena cacar monyet," kata Walikota New York Eric Adams dan Dr Ashwin Vasan, komisaris departemen kesehatan dan kebersihan kota New York, dalam sebuah pernyataan bersama seperti dilansir CNN, Minggu (31/7/2022).

Mereka menyatakan bahwa wabah ini harus dihadapi dengan tindakan urgen. Penetepan status darurat kesehatan ini merupakan bukti keseriusan pejabat untuk mengatasi wabah ini.

"Wabah ini harus dihadapi dengan urgensi, tindakan, dan sumber daya, baik secara nasional maupun global, dan deklarasi darurat kesehatan masyarakat ini mencerminkan keseriusan saat ini," tuturnya.

Penetapan status darurat kesehatan ini terjadi hanya sehari setelah Gubernur New York Kathy Hochul mengeluarkan perintah eksekutif yang menyatakan keadaan darurat bencana, dengan mengatakan 'lebih dari satu dari empat kasus cacar monyet di New York'.

Gubernur New York Kathy juga memperluas jumlah orang yang memenuhi syarat untuk memberikan vaksin cacar monyet, mengharuskan penyedia untuk mengirim data vaksin ke departemen kesehatan negara bagian dan akan meningkatkan upaya tanggapan yang berkelanjutan termasuk upaya untuk mendapatkan lebih banyak vaksin dan memperluas cakupan pengujian.

Bagaimana kondisi wabah monyet di AS? Baca halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT