ADVERTISEMENT

Pertama dalam Beberapa Pekan, Rusia Tembakkan 6 Rudal ke Kiev

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 29 Jul 2022 10:06 WIB
Kiev -

Untuk pertama kalinya dalam beberapa pekan terakhir, pasukan Rusia melancarkan serangan rudal ke wilayah ibu kota Kiev, Ukraina. Dilaporkan sedikitnya enam rudal ditembakkan Rusia dalam serangan terhadap wilayah Kiev pada Kamis (28/7) waktu setempat.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (29/7/2022), laporan pejabat senior pada kantor Staf Jenderal Ukraina, Oleksii Hromov, menyebut Rusia menyerang wilayah Kiev dengan enam rudal yang ditembakkan dari Laut Hitam. Rudal-rudal Rusia itu dilaporkan salah satunya mengenai unit militer di desa Liutzh, pinggiran Kiev.

Disebutkan juga oleh Hromov bahwa serangan rudal Rusia itu juga menghancurkan sebuah gedung dan merusak dua bangunan lainnya. Dilaporkan bahwa pasukan Ukraina berhasil menembak mati salah satu rudal Rusia di kota Bucha.

Para pejabat Ukraina menyebut serangan terbaru Rusia itu sebagai balasan karena menentang Kremlin.

Gubernur wilayah Kiev, Oleksiy Kuleba, menyatakan sedikitnya 15 orang mengalami luka-luka akibat serangan rudal Rusia itu. Lima korban luka di antaranya merupakan warga sipil.

Kuleba mengaitkan serangan rudal Rusia itu dengan Hari Kenegaraan Ukraina -- peringatan yang ditetapkan Presiden Volodymyr Zelensky tahun lalu dan pertama diperingati Ukraina pada Kamis (28/7) waktu setempat.

"Rusia, dengan bantuan rudal-rudal, melakukan pembalasan atas perlawanan rakyat yang meluas, yang mampu dilakukan rakyat Ukraina karena kenegaraan mereka," ucap Kuleba kepada televisi lokal Ukraina.

"Ukraina telah merusak rencana Rusia dan akan terus mempertahankan diri," tegasnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT