ADVERTISEMENT

Belasan Sekolah di Selandia Baru Terima Ancaman Bom!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 28 Jul 2022 16:38 WIB
2018, JAN 3 - Auckland, New Zealand, Panorama view, Beautiful landcape of the building in Auckland city before sunset. View from Cyril Bassett VC Lookout.
ilustrasi Selandia Baru (Foto: Getty Images/iStockphoto/huafires
Jakarta -

Sedikitnya selusin sekolah di berbagai wilayah Selandia Baru menerima ancaman bom pada Kamis (28/7). Hal ini menyebabkan gangguan luas yang diyakini sebagai serangan siber yang dilakukan dari luar negeri.

Akibatnya, banyak sekolah yang terpaksa ditutup atau dikosongkan.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (28/7/2022), rentetan ancaman bom terbaru ini terjadi 24 jam setelah adanya panggilan telepon palsu (hoax) ke empat sekolah Selandia Baru pada hari Rabu (27/7) di Waikato, Thames dan Gisborne di Pulau Utara.

Cherie Taylor-Patel, presiden Federasi Kepala Sekolah Selandia Baru, mengatakan kepada media lokal RNZ bahwa dia telah berbicara dengan Kementerian Pendidikan, yang "memahami bahwa ini sebenarnya adalah cyberbot yang datang dari luar negeri".

Polisi Selandia Baru mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka meyakini tak ada risiko keamanan dari insiden ini.

Namun pihak berwenang mengatakan mereka masih menyelidiki ancaman bom terhadap sekolah-sekolah di Marlborough, Masterton, Kaikoura, Greymouth, Queenstown, Levin, Whanganui, Rolleston, Takaka, Geraldine, Dunstan, Ashburton, dan Palmerston North.

Sejauh ini tidak ada laporan tentang alat peledak yang ditemukan di salah satu sekolah yang menjadi sasaran ancaman bom tersebut.

Ada insiden serupa pada tahun 2016 ketika sekolah-sekolah di Selandia Baru dan Australia menerima panggilan telepon palsu bahwa ada bom aktif di tempat-tempat tersebut.

Pada tahun 2018, seorang warga Israel-Amerika dipenjara selama 10 tahun oleh pengadilan di Israel karena membuat sekitar 2.000 ancaman hoax di Amerika Utara, Inggris, Australia, Selandia Baru, Norwegia, dan Denmark.

Simak juga 'Selandia Baru Beri Warning untuk Indonesia Terkait PMK':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT