ADVERTISEMENT

Marcos Jr Janji Tak Akan Ada Lagi Lockdown Corona di Filipina

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 25 Jul 2022 17:46 WIB
Manila -

Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr menjanjikan tidak akan ada lagi lockdown virus Corona (COVID-19) di negaranya. Marcos Jr menilai Filipina tidak akan mampu lagi menghadapi lockdown Corona yang memberatkan perekonomian.

Seperti dilansir Reuters dan Channel News Asia, Senin (25/7/2022), janji itu disampaikan Marcos Jr saat memberikan pidato kenegaraan pertamanya di hadapan Kongres Filipina pada Senin (25/7) waktu setempat.

"Terkait masalah kesehatan, masih ada ancaman COVID-19, terutama dengan ditemukannya varian baru virus Corona. Tapi kita tidak bisa menghadapi lockdown lainnya. Kita tidak akan lagi melakukan lockdown," tegas Marcos Jr dalam pidatonya.

Ditekankan Marcos Jr bahwa Filipina harus mampu menyeimbangkan antara kesejahteraan dan kesehatan rakyat dengan perekonomian negara.

Dia menambahkan bahwa lembaga-lembaga pemerintah bekerja sama dengan rumah-rumah sakit untuk memantau jumlah kasus Corona demi memastikan sistem perawatan kesehatan tidak kewalahan.

Dalam pidatonya, Marcos Jr juga mengumumkan bahwa kegiatan belajar-mengajar atau aktivitas kelas tatap muka akan segera kembali untuk semua siswa di negara tersebut. Kelas-kelas di sekolah-sekolah Filipina digelar secara online sejak awal pandemi Corona.

"Departemen Pendidikan sekarang tengah mempersiapkan pelaksanaannya dalam tahun ajaran mendatang, dengan sangat memperhatikan keselamatan siswa karena kita masih berada di tengah pandemi COVID-19," ujarnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT